Penderita Virus HIV Tahun 2019 Meningkat, Ini Pesan Dinkes Kab. Asahan

Senin, 20 Januari 2020, 15:28 WIB
Oleh Bern

Repoter : Jefri

ASAHAN  |Selama tahun 2019 puluhan orang di Kabupaten Asahan terjangkit virus HIV/AIDS. Berdasarkan data yang diperoleh dari Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kab. Asahan sebanyak sebanyak 61 orang terjangkit virus mematikan tersebut yang tersebar di beberapa Kecamatan yakni :
20 orang warga Kecamatan Bandar Pasir Mandoge yang terjangkit virus HIV/AIDS terdiri dari 13 (tiga Belas) orang Pria 7 (tujuh) orang Wanita.
18 orang warga Kecamatan Buntu Pane yang terjangkit virus HIV/AIDS terdiri dari 11 (sebelas) Pria, 7 (tujuh) Wanita dan 1 (satu) meninggal dunia.
9 orang warga Kecamatan Tinggi Raja yang terjangkit virus HIV/AIDS terdiri dari 7 (tujuh) Pria, 2 (dua) Wanita.
8 orang warga Kecamatan Setia Janji yang terjangkit virus HIV/AIDS, terdiri dari 7 (tujuh) Pria, 1 (satu) Wanita, dan 1 (satu) orang meninggal dunia.
6 orang warga Kecamatan Bandar Pulau yang terjangkit virus HIV/AIDS terdiri dari 4 (empat) Pria, 2 (dua) Wanita.
Hal tersebut juga diamini Kepala Dinas Kesehatan Kab. Asahan melalui Sekretaris Dinas Kesehatan H. Nurdin saat dikonfirmasi oleh awak media, Senin (20/01/2020). Nurdin juga menuturkan bahwa saat ini Dinkes Asahan masih dalam proses mengumpulkan data yang akurat melalui Bidang P2P Menular Dinkes Asahan untuk Kecamatan-Kecamatan lainnya.
Nurdin juga menambahkan bahwa dalam proses pencegahan penyebaran virus HIV/AIDS, Dinkes asahan telah memberikan penyuluhan dan bimbingan terhadap bahaya penyebaran virus tersebut. “penyebaran virus HIV/AIDS mayoritas disebabkan melalui hubungan seks sesama jenis, seks diluar nikah, jarum suntik narkoba dan berbagai sebab lainnya, untuk itu Dinkes Asahan melalui Puskesmas yang tersebar di berbagai Kecamatan se-Kab. Asahan telah rutin lakukan penyuluhan tentang bahaya tersebut”, tandas Nurdin. Terakhir beliau berharap kepedulian masyarakat untuk turut mengawasi hal-hal yang dapat menyebarluaskan virus HIV/AIDS. “mari kita mulai cegah penyebaran virus HIV/AIDS dengan mengawasi keluarga dan lingkungan sekitar kita dari hal-hal yang dapat menyebabkan terjangkitnya virus HIV/AIDS di lingkungan kita”, pungkas Nurdin.

TerPopuler