Umat Nasrani Di Kab. Asahan Akan Miliki Lahan Pemakaman Yang Baru

Jumat, 07 Februari 2020, 02:45 WIB
Oleh Bern

Asahan (Delinewstv |“kondisi lahan perkuburan milik umat Nasrani yang berada di Kec. Pulau Rakyat dan Rahuning tepatnya di Jalan Desa Sei Piring dan di Desa Rahuning  II dusun III kondisinya sudah sangat padat dan tidak memadai lagi”, demikian disampaikan dr. Lincon Lumban Tobing mewakili tokoh masyarakat dan tokoh adat umat Nasrani mengawali sambutannya saat beraudiensi dengan Bupati Asahan, Kamis (6/2/2020).


Dalam audiensi yang dilaksanakan diruang kerja Bupati Asahan tersebut, Lincon juga menyampaikan selain sudah tidak memadai kondisi lahan perkuburan di Desa Rahuning II juga rawan longsor karena berada di bantaran Sungai Asahan. Untuk itu, Lincon berharap kepada Pemerintah Kabupaten Asahan agar dapat memberikan solusi untuk menangani persoalan itu. “kami berharap Pemkab Asahan melalui Pak Surya, dapat membantu kami mengatasi kondisi lahan perkuburan yang ada saat ini”,ujar Lincon.


Menyikapi hal itu, Bupati Asahan H. Surya yang dalam audiensi tersebut didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan, Kadis Kominfo dan Plt. Kaban Kesbang Pol sampaikan Pemerintah Kabupaten Asahan akan segera mencari solusi maupun alternatif lain dalam persoalan lahan perkuburan Nasrani. Surya juga akan memberikan instruksi kepada Camat terkait untuk lakukan koordinasi dengan pihak management  PT. Lonsum Perkebunan Gunung Melayu yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Pulau Rakyat dan Rahuning sebagai langkah awal pembicaraan lokasi perkuburan nasrani di 2 Kecamatan tersebut.


Dirinya juga berupaya untuk segera merealisasikan keinginan dari masyarakat Nasrani agar memiliki lahan pemakaman yang baru dan memadai. Namun untuk merealisasikan hal tersebut, Surya juga tak menampik perlunya melalui prosedur dan mekanisme serta aturan yang berlaku. “saya akan berupaya merealisasikan keinginan yang diutarakan, namun saya mohon doa dan kesabaran masyarakat nasrani agar diberi kemudahan dalam mewujudkan hal tersebut”, tandas Surya.(Jefri)

TerPopuler