4 Orang Positif Corona di Aceh, Direktur RSUZA Minta Warga Patuhi Social Distancing

Sabtu, 28 Maret 2020, 01:45 WIB
Oleh Redaksi Net24Jam
Direktur RSUZA, Dr dr Azharuddin SpOT-(K) Spine FICS.

Aceh, DelinewstvTiga kasus yang baru terdeteksi terdiri atas dua pria yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan seorang perempuan.

Hingga pada Jumat (27/3/2020) sore sudah empat orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Aceh.

Informasi tentang bertambahnya jumlah warga Aceh yang terinfeksi corona tersebut diperoleh pihak RSUZA pada Jumat sore dari Gugus Tugas Covid-19 Pusat yang mendapatkan hasil pemeriksaan ketiga orang tersebut dari Balitbang Kemenkes RI.

"Perempuan tersebut berstatus orang dalam pengawasan (ODP) yang justru merupakan istri dari salah satu PDP yang positif corona itu," kata Direktur Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Dr dr Azharuddin SpOT K-Spine FICS, di Banda Aceh, Jumat (27/3/2020) sore.

Menurutnya, salah satu pria yang positif corona tersebut berprofesi sebagai penceramah (Ustadz) yang berdomisili di salah satu Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh.

"Ustadz tersebut berstatus PDP setelah mengeluhkan ada gejala demam sepulang muktamar dari Jakarta," papar Azharuddin.

Dikatakannya, seorang pria lainnya yang juga positif terinfeksi virus corona domisili di salah satu kecamatan dalam Kota Banda Aceh.

Awalnya, pria tersebut berstatus PDP dan tidak lagi dirawat di rumah sakit karena kondisinya membaik. Sedangkan istrinya berstatus ODP, karena suaminya PDP. Tapi hasil pemeriksaan bahwa istrinya juga menunjukkan positif corona.

"Betapa ngerinya, suami istri positif. Padahal, saat pulang sehat. Semoga mereka belum keluyuran ke mana-mana," kata Azharuddin.

Dirinya mempertegas bahwa tiga kasus yang baru terdeteksi ini, tidak termasuk PDP kedua asal Bireuen yang meninggal baru-baru dan dimakamkan di Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara.

"Kalau PDP yang baru meninggal itu belum keluar hasil labnya. Mungkin pada 1 April mendatang keluar hasilnya," terang Azhar.

Azhar menegaskan bahwa ketiga orang yang positif corona itu semuanya tidak sedang dalam perawatan di rumah sakit. Mereka berada di rumah masing-masing.

Menurut Azharudin, ketiga orang tersebut akan segera dijemput untuk diisolasi dan dirawat.

Saat ditanya siapa yang akan jemput siapa yang akan menjemput, Azharuddin menyatakan segera dijemput oleh pihak Dinas Kesehatan Aceh dengan tim surveillance-nya.

"Ketiganya akan dirawat di RSUZA sampai sembuh," sebutnya.

"Mereka di sekeliling kita. Semoga belum sempat main-main ke mal atau tempat umum lainnya," kata Azharuddin.

Ia kembali mengimbau warga Aceh untuk benar-benar mematuhi ketentuan 'social distancing' karena faktanya jumlah orang yang positif corona di Aceh makin bertambah.

(Rd)

Sumber : Serambinews. 

TerPopuler