Fakta Sejarah Pandemik Besar dan Sifat Virus Corona

Kamis, 26 Maret 2020, 22:32 WIB
Oleh Bern

Delinewstv Kematian pertama yang dikonfirmasi disebabkan dari infeksi virus corona terjadi pada tanggal 9 Januari 2020. Sementara itu penularan virus di luar China yang pertama terjadi di negara Vietnam dari seorang ayah ke putranya. Penularan lokal pertama yang tidak melibatkan keluarga yaitu terjadi di Bavaria, Jerman. Pada 22 Januari 2020 seorang pria Bavaria tertular penyakit ini dari seorang rekan bisnis dari China pada sebuah pertemuan di Jerman.

Virus Corona yang sedang mewabah saat ini berbeda dengan Virus Corona yang pernah mewabah sebelumnya. Penyebab covid-19 atau yang disebut SARS-cov-2 memiliki sifat yang berbeda dengan virus corona yang pernah ada.

Sejarah mencatat, wabah atau pandemik luar biasa yang melanda dunia. pandemik tersebut adalah Wabah Besar Marseille (1720), Wabah Kolera (1820), Flu Spanyol (1920), dan terakhir adalah Virus Corona (2020). Jika ditelusuri pandemik tersebut terjadi setiap 100 tahun.

Wabah Marseille, seperti namanya terjadi di Marseille, Perancis pada tahun 1720. Wabah ini menewaskan total 100.000 jiwa, sementara 50.000 korban lainnya tewas selama 2 tahun berikutnya dan 50.000 korban lainnya lagi berasal dari utara provinsi dan juga kota-kota di sekitarnya.

Pandemik Kolera dikenal juga dengan pandemik kolera Asiatik atau kolera Asiatik pertama. Awal mula kemunculannya dimulai dekat kota Calcutta lalu kemudian menyebar ke seluruh Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika Timur, hingga pantai Mediterania.

‘Historia Kala Kolera Menyerang Batavia – Historia Images may be subject to copyright. Learn More Related images’.

Ratusan ribu orang tewas akibat pandemik ini termasuk banyak tentara lnggris yang kemudian menarik perhatian Eropa. Pademi ini menyebar hampir di seluruh negara-negara Asia termasuk Indonesia. Pada tahun 1820 tercatat Iebih dari 100.000 kematian di Asia disebabkan oleh bakteri ini.

Pandemik ini dimulai dari orang-orang yang minum air yang terkontaminasi bakteri ini. Asal dari endemik ini adalah dari Sungai Gangga. Pada saat festival, para peziarah tertular penyakit di sana dan membawanya ke tempat-tempat lainnya di India saat mereka kembali. Beberapa ahli epidemiologi dan sejarawan medis telah menyarankan bahwa penyebarannya secara global melalui ziarah Hindu, Kumbh Mela, di hulu Sungai Gangga. Wabah kolera sebelumnya telah terjadi di dekat Purnia di Bihar.

Flu Spanyol adalah virus flu H1N1 yang telah mengalami mutasi genetik sehingga jauh lebih berbahaya daripada virus normal.

Flu Spanyol menginfeksi Iebih dari 500 juta orang di seluruh dunia, termasuk orang-orang di pulau-pulau Pasifik yang terpencil hingga sampai di Kutub Utara, menjadikannya sebagai salah satu wabah yang paling mematikan dalam sejarah.

Beberapa analisis telah menunjukkan virus ini sangat mematikan karena memicu badai sitokin yang merusak sistem kekebalan tubuh. Ditambah lagi dengan kondisi malnutrisi, kamp medis, dan juga rumah sakit yang penuh sesak serta kebersihan yang buruk mendorong bakteri ini semakin cepat menyebar.

Virus ini pertama kali diidentifikasi di Wuhan, ibu kota provinsi Hubei China. Virus ini telah menunjukkan bukti penularan dari manusia ke manusia dan tingkat penularannya tampaknya meningkat pada pertengahan Januari 2020.

Harianhaluan.com Dicari Orang yang Mau Diinfeksi Virus Corona, Imbalannya Rp65,5 Juta Images may be subject to copyright. Learn More Related images

Meskipun ada upaya dari pemerintah China dan Iembaga lain untuk mengkarantina seluruh kota, tampaknya virus tersebut telah berhasil menyebar ke luar perbatasan Cina, dengan sejumlah penduduk negara lain mulai dari Eropa hingga Amerika didapati orang-orang yang suspect virus ini. Gejala orang yang terindikasi virus Corona antara Iain yaitu demam, batuk, kesulitan bernafas yang bisa berakibat fatal hingga kematian.

Sifat Virus Corona
SARS-cov-2 mampu bertahan hidup lebih lama pada kondisi lembab dan suhu udara dingin. Sebaliknya virus ini akan segera mati bila terkena paparan sinar matahari.

Virus SARS-cov-2 juga mampu memperkuat bagian protein lonjakan dengan berevolusi yang sangat efektif untuk menargetkan fitur molekul di bagian luar sel manusia.

Keadaan ini membuat manusia atau hewan dengan kondisi tubuh yang tidak fit akan mudah terinfeksi oleh virus corona.

Virus corona juga mudah sekali menyebar diantara populasi manusia maupun hewan. Dengan begitu, virus corona mudah menyerang manusia meski hanya dengan sentuhan tangan.

Untuk itu, saat ini sangat dianjurkan untuk menjaga pola hidup bersih dengan membiasakan mencuci tangan memakai sabun.

Dengan mengetahui asal usul virus corona, anda disarankan untuk menghindari bepergian di tempat umum untuk membantu memutuskan rantai penyebaran virus corona.

BERITA TERKAIT


Sumber :
dejournal.home.blog
inilahkoran.com

TerPopuler