56 Penumpang KM Kelud di Pelabuhan Belawan Negatif Covid-19

Selasa, 14 April 2020, 13:10 WIB
Oleh Redaksi Net24Jam

Belawan, DelinewstvKapal Motor (KM) Kelud milik PT Pelni (Persero) tiba di Pelabuhan Belawan, pada Senin (13/4/2020) malam sekira pukul 20.32 Wib. 

Setibanya KM Kelud di Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan, tim gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) melakukan proses pemeriksaan kesehatan terhadap para penumpang dan ABK. 

Pemeriksaan kesehatan dan uji rapid test pun  dilakukan di atas kapal KM Kelud yang bertujuan untuk mencegah masuknya Covid-19 melalui para penumpang tersebut.

Kepala Cabang Pelni Medan, Lutfi Israr menyampaikan sebelum bersandar di Pelabuhan Belawan, pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Klas I Medan melakukan penjemputan serta melakukan penyemprotan semua ruangan kapal.

"Pihak KKP melakukan penjemputan dan pemeriksaan kesehatan diatas kapal, yang berjarak dari pelabuhan ke tempat berlabuh bekisar 9 Mil. Semua ruangan kapal disemprot oleh pihak KKP," jelas Luthfi kepada wartawan melalui via WhatsApp, Selasa (14/4/2020).

Dirinya menerangkan, bahwasannya 56 penumpang KM Kelud tiba di Pelabuhan Belawan terdiri dari, 21 orang penumpang mitra kerja yang bekerja di Kapal dan 35 orang lainnya adalah penumpang umum.

"56 penumpang, 35 orang turun di Belawan dan langsung dibawa untuk dikarantina. 21 orang tetap di karantina di kapal, semua sehat-sehat saja dan negatif Covid-19," papar Luthfi.

Saat disinggung beredarnya pemberitaan tentang penumpang KM Kelud tiba di Pelabuhan Belawan diduga terpapar Covid-19, Luthfi Israr membantah hal tersebut. 

"Tidak ada pak, tidak usah ditanggapi. Kalau masalah hasil pemeriksaan itu kewenangan petugas kesehatan dan Tim Gugus Covid-19," ungkapnya.

Tak hanya itu, soal beredarnya kabar ABK KM Kelud tiba di Pelabuhan Belawan diduga terpapar Covid-19, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Drs. Basar Antonius melalui Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Umum dan Humas, Jujur Panjaitan, SE., M.MTr., membeberkan bahwa hal tersebut tidak benar.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada laporan tentang ABK KM Kelud yang tiba di Pelabuhan Belawan terpapar Covid-19.

"Kalau ABK KM Kelud yang tiba di Pelabuhan Belawan tidak benar ada yang terpapar Covid-19," tegas Jujur Panjaitan, Selasa (14/4/2020).

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada keterangan resmi dari Tim kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara terkait ABK dan Penumpang KM Kelud tiba di Pelabuhan Belawan positif Covid-19.

(Ridwan) 

TerPopuler