Antonius Tumanggor - Pemko Harus Cari Pangsa Pasar Untuk Hasil APD Pelaku UMKM

Rabu, 22 April 2020, 09:04 WIB
Oleh Amsari
.
Reporter : Amsari

Anggota Komisi IV DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor mengapresiasi Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution didalam mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam membuat masker. Sehingga produksi rumah tangga tersebut bisa mengurangi kelangkaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis di Medan.

“Banyak masker yang dijual saat ini di pinggir-pinggir jalan, sehingga tidak sulit lagi untuk mencarinya. Tidak seperti awal terjadinya wabah Covid-19, warga Medan panik karena masker dan APD lainnya habis di pasaran. Semua itu berkat kreativitas pelaku UMKM kita,” kata Wakil Fraksi Nasdem DPRD Medan ini, Selasa (17/04/2020).

Dari awal Antonius sudah meminta agar Pemko Medan, melalui Organinisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendorong pelaku UMKM membuat masker dengan memberi bantuan dana.

“Semua APD penting, tapi jika tidak ada masker orang takut berpergian. Apalagi sekarang pemko mewajibkan masyarakat yang ke luar rumah harus pakai masker. Kita bangga dengan reaksi UMKM terhadap situasi ini,” terangnya.

Dia juga menyarankan pemko membeli masker yang diproduksi UMKM untuk dibagikan kepada masyarakat. Juga kepada lembaga-lembaga atau organisasi yang ikut mendukung pemutusan rantai penularan Covid-19 supaya membeli masker buatan industri pelaku UMKM.

“Kita juga dari NasDem Medan maupun pribadi anggota dewan ikut mendukung program pemerintah memerangi Covid-19. Dalam aksi sosial, kita memberi bantuan pangan seperti beras, mi kering, telur dan lainnya. Tapi Kami juga menyertakan APD seperti masker, handsanitizer, sabun cair, juga melakukan penyemprotan dengan disinfektan. Tentu kami juga memakai masker produksi industri rumah tangga warga Medan,” tuturnya.

TerPopuler