Kadis Kesehatan Karo Membenarkan Satu (1) Orang Positif

Rabu, 08 April 2020, 18:44 WIB
Oleh M.Bakti Napitupulu
Kadis Kesehatan Karo saat meninjau ke rumah keluarga pasien,Berastagi, Rabu (8/4/2020)

Published: Rianto G

Karo, Delinewstv - Salah satu warga jalan Veteran Gang Harapan, Kelurahan Gundaling 2 Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo, bahwa tanggal 7 April hasil RT-PCR Pasien tersebut Terkonfirmasi Positif C-19 dari hasil test  RS Columbia Medan, berjenis kelamin wanita dengan keadaan yang sudah mulai membaik, Berastagi, Rabu (8/4/2020)
Menurut Ketua Gugus Tugas Kabupaten Karo Ir.Martin Sitepu, melalui seluler, berdasarkan informasi dari keluarganya Pasien mempunyai riwayat perjalanan berpergian selama 3 (tiga) Minggu ke Surabaya dan kembali ke Berastagi Kabupaten Karo pertengahan Maret 2020, dengan kesadaran sendiri melakukan Isolasi Mandiri di rumahnya. 

Namun selama isolasi mulai muncul gejala batuk dan demam sehingga tanggal 31 Maret 2020 keluarga membawa Pasien untuk dirawat di RS Columbia tanpa melaporkan ke Dinas Kesehatan Kab.Karo. Harapan kita agar kedepan seluruh  masyarakat Karo bekerja sama dengan pemerintah dengan kesadaran sendiri untuk melaporkan diri bila warga dalam status ODP (Orang Dalam Pantauan) terutama baru datang dari daerah yang sudah terpapar segerahlah melapor ke pemerintahan setempat, karena pihak pemerintah tidak mungkin bisa memantau seluruh warganya, tutup Martin.

Menurut Kadis Kesehatan Karo drg.Irna Safrina S Milala " tidak ada laporan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Karo maupun ke Dinkes Provsu terkait adanya warga Kabupaten Karo dari RS yg merawat Pasien sejak tanggal 31 Maret sampai 6 April dengan status PDP, dibuktikan dengan data Peta Sebaran COVID19 Provsu di tanggal 6 April PDP Karo masih kosong.

Dari itu Dinas Kesehatan bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Karo, langsung turun ke lapangan guna mendapatkan informasi yang lebih akurat, Seluruh keluarganya telah dilakukan Rapid Test dengan hasil sementara Negatif namun demikian keluarga ini diwajibkan melakukan karantina mandiri terlebih dulu. Agar tidak menyebar ke masyarakat lainnya,ujar Irna, melalui handpone (8/4/2020)

Ditambahkan, lakukan Social Distancing, Physical Distancing, cuci tangan dengan bersih, jauhi kerumunan, lebih baik tetap dirumah dan wajib gunakan masker bila harus keluar rumah. 

Salah satu warga, Eddy Tiangta Surbakti mengatakan agar Pemerintah lebih aktif dan tegas lakukan pencegahan dan beri kami Masker, pinta Surbakti.

TerPopuler