Menkominfo : Aplikasi Pelacak Covid-19 Aman Digunakan, Unduh di Play Store

Minggu, 19 April 2020, 11:56 WIB
Oleh Bern



Jakarta, Delinewstv -- Himbauan yang diutarakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menjamin aplikasi pelacak Virus Corona (Covid-19) PeduliLindungi aman untuk digunakan oleh masyarakat karena memerhatikan perlindungan data pribadi para pengguna aplikasi tersebut.

Keunggulan dari aplikasi ini mampu melakukan penelusuran dan pergerakan pasien Virus Corona (Covid-19) selama 14 hari ke belakang. Selain itu bahwa aplikasi buatan Indonesia yang dapat diunduh di Play Store atau di App Store ini juga akan memberi tahu pengguna apabila pernah berinteraksi dengan pasien terinfeksi Virus Corona (Covid-19).


"Aplikasi ini.. ada yang sampaikan di media sosial tidak aman, saya tegaskan kembali bahwa aplikasi ini aman, data-data terkait data pribadi telah kami lindungi melalui keputusan menteri," kata Johhny G dalam jumpa pers virtual,(18/4/2020).

Arahan dari Johnny G sudah memerintahkan kepada pengelola aplikasi untuk menghapus seluruh data pengguna jika status kondisi darurat sudah berakhir.

"Kami mewajibkan semua pihak yang mengelola aplikasi untuk menghapus dan membersihkan data nanti di saat keadaan masa darurat ini berakhir," kata Johnny G

Selanjutnya, Johnny G juga mengatakan saat ini aplikasi telah diunduh lebih dari 1,9 juta pengguna. Dia berharap lebih banyak lagi masyarakat yang mengunduh aplikasi PeduliLindungi, dilihat dari data bahwa masyarakat Indonesia saat ini tercatat sebanyak 100 juta orang memiliki ponsel pintar (smartphone).

Upaya memancing jumlah pengunduhan aplikasi, Menkominfo meminta aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI dan Polri, serta pegawai Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) dan anak perusahaan agar mengambil inisiatif mengunduh PeduliLindungi.

Johnny G merespon kepada influencer maupun selebriti Indonesia memohon untuk menyosialisasikan aplikasi ini dan bisa mengajak para penggemar untuk turut mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

"Kami ajak kepada seleb Indonesia dan selebgram, untuk pakai kesempatan ini, ajak pengikut atau penggemar agar memastikan mereka mengunduh aplikasi PeduliLindungi," tutur Menkominfo.

(Gun)

TerPopuler