Gedung Gereja Christ Cathedral Gading Serpong Terbakar

Senin, 27 April 2020, 22:15 WIB
Oleh Gugun Marpaung


Jakarta, Delinewstv  | Kebakaran hebat menghantam gedung Convention Basilea Gading Serpong Tangerang, Senin (27/4) pagi sekira pukul 07.30 WIB.

Wartakotalive melaporkan, gedung tersebut merupakan Gereja Christ Cathedral yang termasuk 17 gereja dengan jemaat yang terbanyak di Indonesia.

Dikutip dari rubrikkristen.com, Gereja tersebut bernama GBI Basilea Serpong yang memiliki jemaatnya sebanyak 12.000 orang, posisi ke 12 dari 17 Gereja dengan jumlah jemaat terbanyak di Indonesia. Gereja GBI Basilea Serpong ini didirikan oleh Pendeta (Pdt) Billy Sindoro dengan wakilnya Pdt Samuel Tahir. Sosok sebagai seorang pendeta, Billy Sindoro juga dikenal sebagai pengusaha kaya raya.   

Gereja ini memiliki sebuah gedung gereja yang megah yang diberi nama Christ Cathedral dan jumlah anggota jemaat GBI Basilea Serpong saat ini adalah 12.000 orang.

Seperti diberitakan, kebakaran hebat melanda Gereja Chatedral Gading Serpong, Kabupaten Tangerang pada (27/4/2020) pagi. Api tampak membesar melahap rumah peribadatan tersebut.

Asap hitam pun membumbung tinggi ke udara. Si jago merah mengamuk meluluh lantakan dinding - dinding Gereja tersebut.

"Iya kebakaran baru saja di Gereja Christ Chatedral Gading Serpong," ujar Kaban BPBD Kabupaten Tangerang, Bambang Sapto kepada Warta Kota, (27/4/2020).


Hingga kini petugas kebakaran masih mepakukan pemadaman. Namun api masih terus membesar. "Kami dapat bantuan untuk pemadaman dari unit damkar Tangsel," ucapnya.

Gereja Christ Cathedral Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, dilanda kebakaran hebat pada (27/4/2020). Dari peristiwa itu seorang petugas keamanan atau Satpam tak sadarkan diri dalam peristiwa kebakaran tersebut.

"Ada seorang satpam yang terjebak dan pingsan" ujar Kosrudin. Penjelasan ini diungkapkan langsung oleh Kabid Kedaruratan dan Logistim BPBD Kabupaten Tangerang, Kosrudin. Ia menjelaskan pihaknya saat ini tengah melakukan pemadaman.

Menurutnya petugas satpam itu sempat terjebak di dalam gereja. Kemudian langsung ditolong oleh petugas lainnya. "Satpam yang pingsan dikarenakan banyak menghirup asap," ucapnya.

Sehingga korban langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan. "Kami juga masih melakukan pendataan," kata Kosrudin.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat melanda Gereja Christ Cathedral Gading Serpong, Kabupaten Tangerang pada (27/4/2020) pagi.

Kaban BPBD Kabupaten Tangerang, Bambang Sapto telah mengerahkan sejumlah personel untuk memadamkan api.

Mobil pemadam kebakaran dikerahkan dari Tangerang Selatan untuk diperbantukan. Mengingat lokasinya yang berada di Jalan Gading Golf Boulevard, Gading Serpong ini berdekatan dengan Tangsel.


"Saat ini perkembangannya api masih memerah," ujar Bambang (27/4/2020).

Ia menjelaskan kejadian ini berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB. Dari pihak Kabupaten Tangerang sendiri awalnya baru mengerahkan dua unit mobil damkar.

Asap hitam pun masih membumbung tinggi ke udara. Petugas pemadam tengah berjibaku menjinakkan si jago merah.

"Sejumlah aparat sudah berkumpul di lokasi. Mulai dari BPBD, polisi dan juga Camat setempat," kata Bambang.

Terlihat api tampak membesar melahap rumah peribadatan tersebut. Asap hitam membumbung tinggi ke udara. Si jago merah tampak mengamuk dan meluluhlantakan dinding-dinding gereja tersebut. Sampai saat ini petugas kebakaran masih melakukan pemadaman. Namun api masih terus membesar.


Kosrudin juga mengatakan, penyebab kebakaran gereja Christ Cathedral tersebut diduga karena arus pendek listrik di lantai tiga. Dimana lantai tersebut tempat peribadatan.

"Setelah dua jam, atau sekitar pukul 10.15 Wib, api sudah berhasil dijinakan," kata Kosrudin, Kabid Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang,(27/4/2020).


(Red/Wrtkot.com)

TerPopuler