Politisi Gerindra Terpilih Sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta - 2022

Senin, 06 April 2020, 17:27 WIB
Oleh Bern
Foto : Riza Patria politisi Partai Gerindra
Jakarta, Delinewstv -- Riza Patria politisi Partai Gerindra terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta menggantikan Sandiaga Uno, untuk periode hingga 2022.

Riza mengalahkan Nurmansjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang hanya mendapatkan 17 suara, sementara Riza mendapatkan sebanyak 81 suara dari 106 anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Dalam pemilihan tersebut terdapat dua suara tak sah.

Pemilihan pasangan Gubernur Anies Baswedan ini disiarkan langsung melalui akun Youtube resmi Pemprov DKI Jakarta.

Dalam proses pemilihan, seluruh anggota DPRD yang hadir menggunakan masker dan melakukan pembatasan sosial yang telah direkomendasikan Kementerian Kesehatan. "Berdasarkan hasil pemungutan suara Ahmad Riza menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih sisa jabatan 2017 - 2022," kata pimpinan rapat paripurna Prasetio Edi Marsudi di Jakarta, Senin (6/4).

Prasetio mengatakan, hasil pemungutan suara tersebut telah disetujui oleh semua anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta yang hadir dalam rapat paripurna. Selanjutnya, hasil paripurna akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Dalam Negeri. "Hasil pemilihan ini akan disampaikan pada Presiden RI melalui Kemandagri. Akhirnya DPRD Provinsi DKI Jakarta telah menyelesaikan seluruh agenda rapat paripurna," kata dia. 


Sebelumnya, beberapa anggota dewan mengusulkan untuk menunda pemilihan calon pasangan Anies Baswedan lantaran terjadi pandemi corona. Usulan tersebut salah satunya datang dari Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS Abdurrahman Suhaimi yang meminta semua orang termasuk anggota dewan untuk mementingkan keselamatan bersama.


(Gugun Mrp)

TerPopuler