Lampung Diguncang Gempa 5,3 SR

Minggu, 03 Mei 2020, 17:14 WIB
Oleh Gugun Marpaung


Lampung, Delinewstv - Baru saja terjadi guncangan bumi Magnitudo 5,3 terjadi di dekat Tanggamus, Lampung, pada hari Minggu (3/5/2020) tidak berpotensi Tsunami. Gempa itu terjadi sekitar pukul 14.06 WIB.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa guncangan bumi ini tidak berpotensi Tsunami,” Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono, (3/5/2020).

Triyono menjelaskan bahwa lokasi guncangan bumi berada di posisi 6,36 Lintang Selatan (LS) dan 104,67 Bujur Timur (BT). Titik pusat gempa berada 97 kilometer Barat Daya Tanggamu, Lampung dengan kedalaman 10 km.

Selanjutnya, dengan mengamati lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, guncangan bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah. “Gempa ini diduga akibat adanya aktifitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia,” kata Triyono.

Selain itu Triyono juga menambahkan, bahwa hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa guncangan bumi ini memiliki mekanisme sesar naik (thrust fault). Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Gempa tersebut, ujar Triyono, ini juga dirasakan di beberapa wilayah dengan tingkat Modified Mercalli Intensity (MMI) I hingga III. Wilayah Kotaagung dan Punduk Pidada dengan III MMI. Wilayah Panimbang, Binuangeun, Malingping II-III MMI, Bandar Lampung, Munjul, Cijaku, Natar II MMI, Liwa I-II MMI.

Kepala Pusat BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran guncangan bumi yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” kata dia.

(Red/Inews)

TerPopuler