Terkait Perwal No 11, Antonius : Itu Tugas Dirut PD Pasar Mensosialisasikannya.

Selasa, 05 Mei 2020, 22:33 WIB
Oleh Amsari

Reporter : Amsari

Medan,Delinewstv - Anggota DPRD Medan Antonius D Tumanggor, mendukung penerapan Perwal No 11 /2020 tentang Karantina Kesehatan dengan mewajibkan pakai masker bila beraktivitas diluar rumah guna mempersempit dan menekan penyebaran Covid 19.

Apabila diamati ditengah masyarakat, Pemko Medan dari mulai Camat, Lurah  dan Kepling masih harus bekerja keras untuk mensosialisasikan Perwal 11/2020 tersebut. Dimana sebagai fasilitas umum yang sifatnya terbuka dan ramai dikunjungi warga, maka pasar-pasar tradisional harus menjadi titik fokus pengawasan.

Sehingga PD Pasar, harus bijak dan kreatif mencari bentuk sosialisasi agar para pedagang dan para pembeli paham akan ketentuan menggunakan masker saat beraktifitas.
"Pihak direksi PD Pasar perlu berkeliling ke kios kios pedagang dan memasang spanduk mengingatkan pakai masker baik pedagang maupun calon pembel.Direksi PD Pasar harus ekstra kerja keras menyuarakan wajib masker di seluruh pasar tradisional," ucap Antonius kepada wartawan, Selasa (5/5/2020).

Menanggapi penerapan Perwal No 11 Tahun 2020 ini,
bagi Wakil Ketua Fraksi Nasdem DPRD ini, menyarankan agar  disosialisasikan kepada para pedagang tentang Perwal Karantina Kesehatan. Dan ini harus menjadi perhatian serius jajaran Direksi PD Pasar Medan. Karena aktivitas masyarakat di pasar tradisional cukup tinggi mulai daari subuh hingga sore hari.

"PD Pasar harus menurunkan tim ke seluruh pasar tradisional di Medan, sehingga para pedagang dan pembeli paham akan peraturan dan kewajiban mereka memakai masker bila berakivitas diluar rumah. Pasang spanduk 'Dilarang Berjualan dan Berbelanja di Pasar ini Kalau Tidak Pakai Masker'. Jadi warga tahu kewajibannya, karena belum tentu semua warga mengetahui perwal harus pakai masker," ucap Antonius. Anggota Dewan yang sampai saat inipun masih gencar melaksanakan penyemprotan disinfektan kerumah warga yang dikoordinir Sopo Restorasi ATR.

Seperti diketahui,Perwal No 11 Tahun 2020 sudah efekif dilaksanakan di Kota Medan sejak Senin kemarin. Namun saat Plt Walikota Medan, Ir.H.Akhyar Nasution MSi, yang turun ke sejumlah pasar tradisional, masih banyak menemukan pedagang dan pembeli yang tidak menggunakan masker. Tindakan tegaspun diambil, dengan menahan puluhan KTP warga yang kedapatan tidak menggunakan masker.

Dari kondisi inilah, Politisi Partai Nasdem ini kembali mengimbau, agar semua pihak mentaati ketentuan dalam Perwal No.11 Tahun 2020, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Medan.
“Reaksi cepat Plt Walikota harus diikuti seluruh jajaran dan bawahannya,” tegas Antonius.

TerPopuler