Banjir Bandang Akibat Hujan Lebat di 2 Sulsel Menelan Korban

Sabtu, 13 Juni 2020, 01:17 WIB
Oleh Bern
Kondisi banjir bandang di dua Kabupaten
di Prov.Sulsel akibat hujan deras (12/6)

Sulsel, Delinewstv - Hujan lebat menghantam dua Kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel) yakni, Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Jeneponto mengakibatkan banjir bandang dengan ketinggian 1 hingga 2 meter pada Jumat (12/6/2020).

Berdasarkan informasi yang didapatkan wartawan delinewstv, dari  beberapa warga bahwa hujan lebat yang terjadi sejak pukul 19.00 menyebabkan 2 kabupaten ini di terjang banjir dikarenakan meluapnya sungai calendu di kabupaten bantaeng dan anak sungai di Hulu Sungai Kelara kabupaten jeneponto sehingga tidak mampu menampung banyaknya banjir dan hujan di hulu sungai tersebut serta jebolnya sisi kanan pengendali banjir Balang Sikuyu.

Dampak terjadinya banjir ini beberapa rumah warga,perkebunan, fasilitas umum dan pertokoan pun rusak yakni diantaranya wilayah Desa Bonto Cinde, Kelurahan Mallilingi, Kelurahan Letta, Kelurahan Bonto Sunggu, Kampung Kayangan, Jalan Lingkar, Jalan Mangga, Jalan Manggis, Sasayya, Lorong Sunyi dan beberapa wilayah lainnya. Dalam musibah yang terjadi di 2 kabupaten ini 1 orang meninggal akibat tersengat listrik.

Kemudian hingga pukul dini hari banjir dibeberapa titik di kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Jeneponto sampai saat ini belum juga surut, sementara kondisi rumah warga masih terendam hingga beberapa warga pergi mengungsi.Namun upaya yang dilakukan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang akan terus berkoordinasi dgn Pemda setempat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mengupayakan menyiapkan kebutuhan insiden banjir bandang yang terjadi di 2 kabupaten ini.

(Wandy)

TerPopuler