Gelar Program Kemitraan Masyarakat Dosen FKIP UMSU

Kamis, 25 Juni 2020, 22:58 WIB
Oleh Amsari

Reporte : Lili Suheli

Medan,Delinewstv - Dosen Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar Program Kemitraan Masyarakat dengan mengadakan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi Accurate Bagi Guru SMK di Kota Binjai.

“Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang merupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata ketua tim pelaksana Dian Novianti Sitompul, S. Pd., M. Si, Rabu (24/6).

Dijelaskan, kegiatan ini dilaksanakan Jum’at (19/6) di Aula SMK Swasta Setia Budi Binjai dibuka Kepala Sekolah SMK Swasta Setia Budi Binjai Ibu Tri Diani Kurnia Fitri, SE., M. Si. dan diikuti oleh peserta yang terdiri dari Guru SMK Swasta Setia Budi Binjai dan SMK Satu Nusa Binjai.

Dian Novianti Sitompul, S.Pd., M.Si memaparkan, kegiatan ini merupakan program kemitraan masyarakat yang bertujuan untuk mengenalkan aplikasi/software baru dalam menyusun laporan keuangan perusahaan, dimana aplikasi yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah aplikasi Accurate.

Selain itu kegiatan PKM ini juga bertujuan untuk memberikan pelatihan penyusunan laporan keuangan perusahaan menggunakan Aplikasi atau software Accurate di sekolah.

“Selama ini sekolah masih menggunakan aplikasi/software MYOB untuk kegiatan belajar mengajar,” katanya.

Oleh karena itu, Dian menjelaskan, pentingnya seorang guru untuk terus update pengalaman, pengetahuan dan melek terhadap teknologi baru karena di era abad 21 ini semua kegiatan sudah lebih banyak menggunakan teknologi.

Untuk itu guru dituntut untuk mampu menggunakan/mengaplikasikan semua software yang tersedia untuk kegiatan belajar mengajar guna memberikan pengalaman baru bagi peserta didiknya.

Sementara itu, Tri Diani Kurnia Fitri selaku kepala sekolah SMK Swasta Setia Budi Binjai menyambut baik dan sangat antusias dengan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan Dosen FKIP UMSU dan berharap untuk tetap melaksanakan kegiatan pelatihan yang dapat memberikan pengetahuan, pengalaman, dan profesionalisme guru di sekolah untuk tahun berikutnya.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada tim dosen FKIP UMSU yang telah bersedia melaksanakan kegiatan pelatihan disekolah.

Pada kegiatan ini turut pula hadir mendampingi Pipit Putri Hariani MD, S.Pd., M.Si selaku anggota pelaksana dan tiga orang mahasiswa FKIP UMSU yang bernama Muhammad Taufik Siregar

TerPopuler