Traveler Bisa Menghilangkan Penat Di Telaga Sarangan

Minggu, 21 Juni 2020, 15:39 WIB
Oleh Gugun Marpaung

Magetan, Delinewstv - Manjakan diri anda, untuk menikmati keindahan alam di kota Magetan, dimana kota tersebut terdapat telaga cantik di balik lereng Gunung Lawu. Bernama Telaga Sarangan, traveler bisa menghilangkan penat di sini.

Diantara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur menyimpan rahasia alam yang mempesona. Salah satunya adalah Telaga Sarangan, sebuah telaga yang terletak di Magetan Jawa Timur. Telaga ini berjarak sekitar 16 kilometer dari Kota Magetan. Dengan luas 30 ha dan berada pada ketinggian 1.200 mdpl.

Selain itu, pengunjung akan disuguhkan dengan kesejukan di sepanjang perjalanan menuju Telaga Sarangan. Terlebih ketika wisatawan berangkat dari arah Solo menuju Tawangmangu.


Untuk menuju kelokasi wisata, dari kota Magetan hanya menghabiskan waktu sekitar 30 menit kamu akan sampai di telaga. Rute ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin melakukan tour travel seharian penuh.

Tawangmangu, Jawa Tengah menyimpan eksotisme alam yang sayang untuk dilewatkan. Wisatawan dapat menikmati sejuknya Kebun Teh Kemuning, Air Terjun Grojogan Sewu dan Jumog, Bukit Sekipan, Cemoro Kandang dan jalanan yang berkelok-kelok.

Selanjutnya sebelum memasuki area telaga, wisatawan akan disambut dengan dinginnya kabut tipis dan perkebunan sayur dan pohon-pohon khas dataran tinggi seperti pohon cemara dan sejenisnya. Jalanan memang berliku dan menanjak untuk beberapa titik. Tapi tidak perlu khawatir, karena tidak ada jalan berlubang dan dapat dikatakan jalanan cukup luas yakni menghubungkan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.


Setelah sampai di pintu masuk, pengunjung cukup membayar Rp25.000 per orang dan bebas memasuki area telaga. Jangan heran jika kemudian banyak penunggu-penunggu losmen mendatangi para pengunjung yang sedang jalan-jalan di area telaga. Karena di sana memang banyak sekali penginapan yang tersedia pun dengan fasilitasnya mulai dari harga miring hingga mahal sekalipun.

Diketahui Telaga Sarangan ini dikelilingi oleh pegunungan dengan pepohonan yang rimbun. Mata akan dimanjakan dengan hamparan telaga yang cukup luas dan memanjang. Kurang lebih telaga ini mempunyai luas 30 ha. Udara di sini juga dingin. Suhu rata-rata 15-20 derajat celcius. Pastikan kamu mengenakan pakaian hangat jika tidak terbiasa dengan udara dingin.

Nah....Bagi para wisatawan yang hobby berkuda, cukup merogoh kantong Rp75.000 saja sudah bisa menikmati keliling danau sambil mengendarai kuda. Kuda-kuda yang disediakan juga beragam dengan dihias aksesoris nan cantik, kuda ini menjadikan daya pikat tersendiri bagi wisatawan.


Bukan hanya itu, wisatawan bisa menikmati deburan ombak kecil-kecil di telaga, cukup dengan Rp 50.000 saja sudah bisa keliling dengan speed boat. Hmm, sudah bisa membayangkan betapa asyiknya bukan?

Menjelang sore hari merupakan waktu yang cocok untuk menikmati indahnya Telaga Sarangan. Sekitar pukul 15.00 WIB pastikan sudah berada di area telaga. Pada waktu itulah para  wisatawan akan disuguhkan dengan sorot sinar matahari dari balik-balik pegunungan di sekeliling telaga. Soal kuliner dan souvenir jangan ditanyakan. Di sini wisatawan dapat menikmati sate dan makanan khas lainnya serta ada pasar souvenir yang terletak di sisi luar telaga.




(red/dtk.com)

TerPopuler