5 Anggota KKB Pimpinan POW Kembali ke NKRI

Jumat, 24 Juli 2020, 01:18 WIB
Oleh Bern
Foto :Lima anggota KKB menyerahkan diri dan menyatakan bergabung dengan NKRI di Kampung Wake, Distrik Bruwa, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Rabu (22/7/2020)(Dok Penerangan Kogabwilhan III)

Jayapura, Delinewstv – kembali dikabarkan lima anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Purom Okiman Wenda (PKB) di Kabupaten Lanny Jaya, Papua, menyatakan kembali ke NKRI.

Dikutip dari Kompas.com, penyerahan diri kelima anggota KKB tersebut bertempat di Distrik Bruwa, pada Rabu (22/7/2020). “"Berdasarkan informasi yang kami terima, telah terjadi penyerahan diri 5 orang KKB kelompok militan POW kepada TNI di Kampung Wake, Distrik Bruwa," ujar Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa, melalui rilis, Kamis (23/7/2020). Menurut dia, penyerahan diri kelima militan KKB bermula pada Sabtu (18 /7/2020).

Berawal, Tim Kompi Bangau Satgas Pamtas mobile YPR 305/Tengkorak di bawah komando Letda Inf Reza CP bersama Sertu Rudyan melaksanakan patroli kampung ke Kampung Wame, Distrik Bruwa, dan melihat sekitar 5 orang yang tidak dikenal. Selanjutnya Dansatgas Pamtas Mobile YPR 305/TKR melakukan penyelidikan menemui Hanoi kepala Kampung Wame Eli Wenda untuk memastikan identitas kelima orang tak dikenal tersebut termasuk dalam DPO.    

"Kepala Kampung Wame membenarkan bahwa kelima orang tersebut merupakan anggota KKB pimpinan POW yang terdapat di dalam DPO, dan selanjutnya kepala kampung beserta tokoh masyarakat didampingi Satgas mendatangi lima orang yang dicurigai tersebut," kata Nyoman.

Lanjut Nyoman, dari hasil pertemuan kelima militan OPM atau KKB tersebut, Kepala Kampung didampingi Satgas mengatakan kepada kelima orang tersebut,” jika mau menyerahkan diri kepada Satgas Pamtas Mobile 305/TKR dan kembali ke NKRI, serta berjanji tidak akan kembali ikut KKB, maka mereka tidak akan terus dicari oleh Satgas Pamtas Mobile YPR 305/TKR dan dipastikan juga akan diterima oleh masyarakat di Kampung mereka masing-masing”.  

"Selanjutnya kelima orang DPO tersebut pun menyetujui untuk bergabung kembali ke dalam NKRI," ucapnya.

Adapun kelima anggota KKB yang menyerahkan diri adalah, Vandem Wonda, Dekiron Tabuni, Ibetius Tabuni, Terkis Tabuni atau Yuborak Telenggan dan Delis.(Red)

Artikel ini dikutip dan telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Anggota KKB Pimpinan Purom Wenda Kembali ke NKRI"

TerPopuler