Chairul Tanjung: Di Masa Covid-19 Indonesia Tetap Berdiri Sebagai NKRI

Minggu, 26 Juli 2020, 19:55 WIB
Oleh G.Marpaung

Jakarta, Delinewstv - Kabar baik dari Founder and Chairman CT Corp, Chairul Tanjung (CT) optimis Indonesia dapat keluar dari masa pandemi Corona (COVID-19) dengan baik. Terbukti sebelumnya Indonesia berhasil mengalami beberapa fase krisis.

"Saya ingin menyampaikan bahwa bangsa ini telah melalui begitu banyak cobaan, begitu banyak ujian. Tapi Alhamdulillah sampai hari ini kita selalu bisa selamat," ujar CT dalam Talkshow Virtual 'Menjaga Semangat, Membangun Asa, Indonesia Jaya Bersama Chairul Tanjung', (26/7/2020).

Kemudian CT kilas balik ke masa saat Indonesia mengalami krisis tahun 1998. Beliau menuturkan bahwa krisis ini paling banyak berdampak pada kalangan konglomerat.

"Tahun 98 krisis itu disebabkan yang namanya struktur perbankan kita itu rapuh, kenapa? Karena kredit-kredit lebih banyak disalurkan kepada kelompok si pemilik bank saja, yang berakibat begitu krisis ini terjadi, bank-bank kolaps yang kena mayoritas adalah konglomerat-konglomerat besar," katanya.

Di masa itu, CT mengungkapkan banyak yang memprediksi negara Indonesia akan terpecah belah. Namun nyatanya, kata CT, hingga kini Indonesia tetap berdiri sebagai NKRI.

"Banyak orang dulu mengatakan akan terjadi balkanisasi pada waktu krisis 98, Alhamdulillah kita tetap menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia tanpa satupun tercerai berai," ujarnya.

Sesudah krisis di tahun 1998, Indonesia juga sempat dilanda krisis dunia pada tahun 2008. Namun, CT menegaskan bahwa Indonesia kembali selamat dari krisis.

"Sementara tahun 2008 kita mengalami krisis dunia hanya kena 1 tahun pertama. Karena, setelah itu kita dapat termin istilah ekonominya, karena uang yang digelontorkan quantitative easing seperti Amerika dan Eropa mengalir menjadi dana apa mencari imbal hasil yang lebih tinggi, masuk ke emerging countries dan diantaranya masik ke Indonesia dan kita mendapatkan efek dan dorongan yang luar biasa terhadap ekonomi kita," ungkapnya.

Sebelumnya CT juga menyadari bahwa kondisi pandemi Covid-19 ini keadaannya sangat berbeda dari dua krisis sebelumnya. Namun dia yakin Indonesia bisa menghadapi masalah ini seperti sebelumnya.

"Nah bapak ibu sekalian, pada saat ini keadaanya berbeda. Keadaannya mengenai semua sektor, karena ini menyangkut manusia. Dari yang besar sampai yang kecil, dan yang lebih parah, yang kecil lebih merasakan merasakan sakit dibandingkan yang besar. Kenapa orang-orang yang sekarang hidupnya susah itu menjadi lebih susah," ujarnya.

"Tapi saya masih percaya begitu banyak cobaan akan kita hadapi, termasuk cobaan Covid-19 ini dan saya percaya sebagai bangsa kita masih akan mampu mengatasi permasalahan ini dan keluar dari krisis ini dengan selamat," ujarnya.




[red/dtkcom]

TerPopuler