Dalam Rangka HUT Kota Medan - 430 Dan HUT Bhayangkara -74, Anggota Dewan Ini Sampaikan Beberapa Hal.

Rabu, 01 Juli 2020, 12:34 WIB
Oleh Amsari
.
Reporter : Amsari

Medan, Delinewstv - Dihari Ulang Tahun Kota Medan yang ke-430, banyak kalangan yang berharap kota ini benar-benar memberikan rasa aman kepada warganya. Tidak hanya rasa aman, warga kota Medan juga berharap mendapatkan pelayanan yang baik dalam pengurusan administrasi kependudukan, mulai dari kantor lurah sampai ke kantor dinas terkait.

Menurut Anggota DPRD Kota Medan Drs Wong Chun Sen, M.PdB, Rabu (1/7/2020) ada beberapa catatan kami di Hari Ulang Tahun Kota Medan yang ke-430 ini, pertama, di musim pandemi Covid-19 ini masih saja ada masyarakat yang merasa dianaktirikan dalam mendapatkan bantuan dari Pemko Medan.

"Harapan kita, ke depan Pemko Medan benar-benar dalam melakukan pendataan terhadap orang-orang yang terdampak Covid-19. Bantuan yang diberikan tepat sasaran dan jangan ada yang bermain-main dengan bantuan untuk rakyat, baik yang dalam bentuk sembako atau dalam bentuk uang tunai," kata politisi PDI Perjuangan ini.

Masih di tengah situasi pandemi Covid-19, lanjut Wong Chun Sen yang akrab disapa Tarigan ini mengingatkan Pemko Medan jangan pernah berhenti untuk mengingatkan dan melakukan sosialosasi terkait protokol kesehatan, mengingat kota Medan saat ini masuk dalam zona merah.

"Masyarakat dan warga kota Medan juga harus ikut berpartisipasi mendukung penerapan protokol kesehatan jika ingin wabah ini segera berlalu dari Kota Medan," tegasnya.

Catatan kita yang kedua adalah pelayanan publik dan pelayanan administrasi kependudukan di dinas terkait perlu dievaluasi agar lebih tertib, pelayanan di kantor lurah dan kantor kecamatan juga perlu ditingkatkan agar lebih memasyarakat.

"Selama musim pandemi Covid-19 ini, ada banyak keluhan masyarakat yang disampaikan kepada wakil rakyat, mulai dari masalah sampah, banyaknya jalan berlubang, parkir liar dan adanya kawasan yang belum bisa terbebas dari masalah banjir," tandasnya.

Catatan kita ketiga, refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 perlu selektif dalam memilah-milah anggaran mana yang bisa digunakan dan anggaran dinas mana yang tidak perlu diganggu untuk penanganan wabah ini.

"Realokasi dan refocusing anggaran APBD TA 2020 perlu lebih selektif dan laporan penggunaannya harus transparan. Jangan karena musim Covid-19 jadi muncul oknum-oknum yang mencari keuntungan pribadi, atau mengambil kesempatan untuk memperkaya diri sendiri," tandasnya.

Masih di momen HUT Kota Medan yang ke-430, Ketua Taruna Merah Putih Kota Medan ini berpesan agar pemerintah dan masyarakat bersinergi dalam memutus mata rantai wabah ini. Harapan kita ke depan, wabah ini segera berlalu dan kita bisa kembali beraktivitas sebagaimana biasanya.

"Salah satu caranya adalah dengan mematuhi protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak. Menahan diri untuk tidak bepergian dan mengumpulkan banyak massa yang mengakibatkan kerumunan orang," kata Tarigan.

Terkait Hut Bhayangkara yang ke 74, Wong Chun Sen sangat berharap agar tingkat pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat dapat ditingkatkan. "Kedepannya peran Kepolisian, khususnya Poldasu dan Polrestabes Medan bisa maksimal lagi didalam menekan angka kriminalitas di masa pandemi Covid-19. Sehingga menjelang pelaksanaan Pilkada nanti masyarakat bisa tenang dan nyaman," harapnya.

TerPopuler