Ir Roy Nainggolan: Selamat dan Sukses Kaldera Toba Sebagai Anggota UNESCO Global Geopark

Jumat, 17 Juli 2020, 10:39 WIB
Oleh Bern

Medan, Delinewstv - UNESCO Global Geoparks adalah area geografis terpadu dimana situs dan lanskap geologi internasional dikelola dengan konsep perlindungan holistik, pendidikan dan pembangunan berkelanjutan melalui pendekatan bottom-up.

Suatu kebanggaan bagi Bangsa Indonesia, khususnya Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara dan seluruh warga masyarakat, yang mana ditetapkannya Kaldera Toba (Danau Toba) sebagai anggota UNESCO Global Geopark (UGG).


Hal tersebut disampaikan Ir Roy Nainggolan ketua bidang organisasi DPP pengurus Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) dan selaku pemerhati Provinsi Sumatera Utara.

“Suatu apresiasi, ditetapkannya Kaldera Toba, dalam hal ini Danau Toba di Sumatera Utara ditetapkan bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG). Dan kami sangat mendukung dan menyambut baik,” ucap Roy Nainggolan kepada kru media Delinews Network di ruang kerjanya Jalan Bambu II Medan Sumatera Utara, Kamis (16/7/2020) siang.     

Diketahui, Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) merupakan wadah perkumpulan masyarakat pecinta, penggiat pelaku wisata Danau Toba yang diketuai St.Drs.Edison Manurung.S.H.,M.M., selaku Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat di Sumatera Utara.   

Roy menambahkan, ditetapkannya Kaldera Toba (Danau Toba) menjadi bagian UGG akan menambah nilai lebih dalam meningkatkan popularitas dan daya tarik pariwisata superioritas yang telah tersertifikasi tingkat dunia oleh UNESCO Global Geopark (UGG) sehingga Danau Toba semakin terkenal di dunia dan hal yang sangat terpenting memberikan manfaat bagi masyarakat sekelilingnya.

"Danau Toba bisa mendapatkan menjadi sumber penghasilan untuk masyarakat yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat.Danau Toba memiliki peranan penting menopang sektor pariwisata.sehingga menjadi kebanggaan masyarakat serta memberikan dukungan yang di pimpin St .Drs.Edison Manurung SH, MM," tutur Roy Nainggolan.

Menurutnya, dengan adanya pengembangan geopariwisata berkelanjutan diharapkan akan membuat masyarakat setempat memiliki peluang untuk meningkatkan budaya, produk hasil kerajinan tangan masyarakat dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih besar.

"Kaldera Toba atau yang lebih dikenal sebagai Danau Toba sendiri ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark Ini memberi kesempatan plus tanggung jawab bagi Indonesia, untuk mendorong pengembangan perekonomian dan pembangunan berkelanjutan dikawasan sekitarnya.apa lagi Ketua, DPP KMDT St.Drs. Edison Manurung SH.MM sangat peduli dalam hal ini ,"pungkas Roy Nainggolan.(Marihot)

TerPopuler