Kabupaten Waykanan Gelar Diskusi Interaktif Bersama Ketua Ombudsman RI

Rabu, 15 Juli 2020, 20:41 WIB
Oleh Amsari

Waykanan, Delinewstv - Pemerintah Kabupaten Way Kanan, menggelar Diskusi Interaktif via Video Conference, Bersama Ketua Ombudsman RI, Prof. Amzulian Rifai, S.H., LL.M., Ph.D, Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Rabu (15/07/2020).

Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Way Kanan, saat ini senantiasa terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan publik untuk kesejahteraan masyarakat.

Bahkan upaya perbaikan pelayanan publik itu lanjut bupati dilakukan secara menyeluruh, guna untuk menjawab tuntutan kebutuhan pelayanan publik di masyarakat.

Olehnya itu diakui Raden Adipati bahwa, peningkatan kualitas pelayanan publik tidak bisa dilakukan secara terpisah dari berbagai pihak. Dimana dalam penerapannya, harus ada perpaduan dari berbagai bagian yang menjadi pilar dari pelayanan publik itu sendiri, termasuk dari pimpinan dan pelaksananya.

“Kualitas pelayanan publik tidak bisa ditingkatkan hanya dengan inisiatif dari pimpinan atau pelaksana semata, harus digabungkan dengan kebutuhan masyarakat. Dan yang terpenting Optimalisasi pelayanan publik salah satunya dengan mematuhi standar pelayanan sesuai dengan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” jelas Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menjelasakan bahwa Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung telah melakukan Penilaian Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik di Kabupaten Way Kanan, sejak 2018 dimana saat itu masih berada pada Zona Merah atau Predikat Kepatuhan Rendah dengan total nilai 42,29.

Berdasar dari itu, Berbagai upaya terus dilakukan Pihaknya dalam rangka memenuhi standar pelayanan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tersebut. Salah satunya antara lain dengan meminta pendampingan dan pembinaan langsung dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung serta Penandatanganan Komitmen Kepala Daerah untuk menerapkan dan senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Way Kanan.

“Dan Alhamdulillah Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Way Kanan berhasil meningkatkan hasil penilaian sehingga berada pada Zona Hijau atau Predikat Baik dengan total Nilai 97,12. Dari hasil ini menempatkan Kabupaten Way Kanan pada peringkat 4 Nasional untuk Kategori Pemerintah Kabupaten,” terang Raden Adipati.

Sebagai upaya untuk peningkatan kuliatas yang lebih baik lagi, maka selanjutnya, pada tanggal 20 April 2020, Bupati Way Kanan bersama Ombudsman RI menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung dengan seluruh Kepala Perangkat Daerah di Kabupaten Way Kanan, termasuk para Camat.

“Tentu tujuan ini tidak lain untuk meningkatkan kerjasama serta kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan yang lebih baik lagi, serta sebagai pedoman dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pencegahan maal administrasi dan percepatan penyelesaian laporan/ pengaduan masyarakat, serta pertukaran informasi dan data sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” pungkasnya.

Terkhir, Raden Adipati berharap kepada seluruh kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Pemerintah Kabupaten Way Kanan, agar mengikuti kegiatan ini dengan baik, sebagai upaya kita meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat yang lebih baik.

Reporter : Indera

TerPopuler