Kecamatan Umpu Semenguk Ahirnya Diresmikan Bupati Waykanan

Kamis, 02 Juli 2020, 16:50 WIB
Oleh Amsari

Reporter : Amsari

Waykanan, Delinewstv - Bupati Waykanan Raden Adipati Surya, meresmikan Kecamatan Umpu Semenguk, yang sebelumnya masuk Wilayah Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Waykanan, di Eks RSUD Zainal Abidin Pagar Alam Kampung Negeri Baru, Kamis 02/07/2020.

Peresmian Kecamatan Umpu Semenguk dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung beserta rombongan, dan Jajaran Forkopimda serta Instansi Vertikal se-Kabupaten Waykanan.

Turut hadir juga Sekda Waykanan, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala Badan, Dinas dan Bagian dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, Camat Blambangan Umpu, para Kepala Kampung serta para Tokoh Adat dan Masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Waykanan menyampaikan selamat datang kepada Sekda Provinsi Lampung dan rombongannya, yang hadir dalam peresmian Kecamatan Umpu Semenguk, yang sebelumnya masuk dalam wilayah Kecamatan Blambangan Umpu.

“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Waykanan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung dan Kementerian Dalam Negeri yang telah memberikan persetujuan administrasi secara lengkap, melalui Surat Mendagri Nomor 138/155/BAK dengan Nomor Registrasi 18.08.15 Tanggal 31 Maret 2020,” ujar bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Raden Adipati juga memaparkan geografis Kabupaten Waykanan yang terbentuk sejak 21 tahun silam tepatnya tanggal 27 April 1999, hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara. Saat ini dihuni oleh 410.532 jiwa yang tersebar di 14 kecamatan terdiri dari 221 kampung serta 6 kelurahan, dengan Luas wilayah 3.921,63 Km² atau 11,11%, dari luas wilayah Provinsi Lampung.

“Dengan peresmian Kecamatan Umpu Semenguk, berarti Kabupaten Waykanan telah memiliki 15 Kecamatan. Kami harap peresmian kecamatan baru ini bukan saja dapat mendukung percepatan terwujudnya visi Pemkab Waykanan, tetapi juga berkontribusi untuk keberhasilan pembangunan di Provinsi Lampung dan nawacita pembangunan nasional,” ungkapnya.

Oleh karena itu, orang nomor satu di Kabupaten Waykanan ini berharap kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Umpu Semenguk agar menjadikan momentum ini untuk meningkatan kontribusi terbaik dalam mendukung setiap kebijakan, baik pemerintah daerah, provinsi dan kebijakan pemerintah pusat.

“Kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang nantinya akan diamanahkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Umpu Semenguk, saya harapkan benar-benar dapat memberikan pelayanan terbaik, meskipun baru hari ini diresmikan,” harapnya.

Bupati Waykanan juga meminta Aparatur Kecamatan Umpu Semenguk yang ditugaskan nantinya agar menjaga kualitas kerja, dan tidak boleh kurang sedikit pun dibandingkan kecamatan induk. Keterbatasan sarana dan prasarana maupun personil aparatur di tahap awal ini tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan harus tetap bersemangat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan segala keterbatasan yang dimiliki.

“Oleh karena itu kami berharap kesediaan Bapak Sekda Provinsi Lampung untuk memberikan arahan kepada kami, sekaligus meresmikan Kecamatan Umpu Semenguk,” pungkasnya.

TerPopuler