Keputusan Presiden: Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Resmi Dibubarkan

Selasa, 21 Juli 2020, 11:13 WIB
Oleh Gugun Marpaung

Jakarta, Delinewstv - Pernyataan resmi dari Presiden Joko Widodo yakni membubarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui PP No. 82 Tahun 2020.

Selain itu dalam PP tersebut, tugas dan fungsi gugas akan dilaksanakan Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Diketahui bahwa satuan tugas itu dipimpin Kepala BNPB Doni Monardo. BNPB diketahui juga sebelumnya menjadi leading sector dalam penanganan Covid-19, sehingga Monardo sebagai Kepala BNPB pun merangkap jadi Ketua Gugus Tugas sebelumnya.

"Pelaksanaan tugas dan fungsi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1), selanjutnya dilaksanakan oleh Komite Kebijakan dan/atau Satuan Tugas Penanganan Covid-19/Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah sesuai tugas dan kewenangan masing-masing sebagaimana diatur dalam peraturan presiden ini."


Adapun pembubaran gugus tugas ini, bahwa PP No. 82 Tahun 2020 juga menjelaskan soal pembentukan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dalam program komite tersebut dipimpin Menteri BUMN Erick Thohir dan bertugas melakukan koordinasi antara Satgas Penanganan Covid-19 dan satgas pemulihan ekonomi nasional.

Selanjutnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dibentuk pada 13 Maret 2020. Dasar hukum pembentukan gugas adalah Keppres No. 7 Tahun 2020 yang telah diubah dalam Kepres No. 9 Tahun 2002.




[red/cnn]

TerPopuler