Kunjunjungan Kerja Gubernur Lampung Dan Ketua TP PKK Propinsi Lampung Ke Waykanan

Jumat, 17 Juli 2020, 18:00 WIB
Oleh Amsari

Waykanan ( Delinews tv Com ) Bertempat di balai Kampung Negara Batin Kecamatan Negara Batin,Kabupaten Waykanan  Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya dan unsur Forkopimda serta jajaran kepala SKPD kabupaten setempat menyambut kunjungan kerja gubernur dan jajarannya beserta ketua TP PKK provinsi Lampung,Jum'at (17/07/2020.

Dalam Acara tersebut Turut hadir, Wakil Bupati Way Kanan, Forkopimda, Kabupaten Way Kanan, Sekdakab Way Kanan Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dharma Wanita, dan Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Way Kanan.

Dalam sambutannya Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Way Kanan, mengucapkan Selamat Datang Kepada Bapak Gubernur Lampung beserta jajarannya dan juga Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung di Kabupaten Way Kanan.

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mengatakan, Kabupaten Way Kanan didirikan lebih dari 21 tahun yang lalu tepatnya 27 April tahun 1999, dengan jumlah penduduk Kabupaten Way Kanan 432.914 jiwa. Secara berurutan dari 15 (lima belas) kecamatan yang ada, terdapat 3 (tiga) kecamatan dengan jumlah penduduk terbesar yaitu Kecamatan Blambangan Umpu dengan jumlah 54.818 jiwa, diikuti oleh Kecamatan Banjit 41.977 jiwa dan Kecamatan Baradatu 37.715 jiwa.mop

Dalam rangka mewujukdan Visi Pemerintah Kabupaten Way Kanan yaitu Way Kanan Maju dan Berdaya Saing dan Mendukung Visi Pemerintah Provinsi Lampung “Rakyat Lampung Berjaya” (aman, berbudaya, maju dan berdaya saing, sejahtera). Ada 6 hal yang dilaporkan.Yaitu 

Yang pertama adalah mengenai tata kelola pemerintahan, dimana  Kabupaten Way Kanan  telah meraih WTP dari BPK selama 10 tahun berturut-turut, pembenahan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sudah berada pada level cukup dan akan terus ditingkatkan. Dalam hal pengembangan ASN telah dilakukan pelaksanaan tes narkoba, assessment, lelang jabatan, finger print online dan kontrak kinerja.

Adapun yang kedua yaitu mengenai Infrastruktur dimana dalam hal pembangunan infrastruktur telah dilakukan penanganan jalan kabupaten sepanjang 1.071,69 km termasuk jalan strategis 666 km, sedangkan untuk menunjang peningkatan produksi padi telah dibangun 22 DI (daerah irigasi), pembangunan 40 bendungan dan pembangunan air irigasi tanah di 127 lokasi

Adapun yang ke 3 tentang Sumber Daya Manusia (SDM), Peningkatan kualitas sumberdaya manusia terus meningkat yang ditunjukkan dengan membaiknya Indeks Pembangunan Manusia dimana pada tahun 2015 masih berada pada angka 65,18 meningkat menjadi 67,19 pada tahun 2019, dan angka kemiskinan pada tahun 2015 sebesar 14,61% menurun menjadi 13,07% pada tahun 2019.

Dan yang ke 4 tentang Revitalisasi Pertanian, Dalam rangka revitalisasi pertanian, salah satunya kopi robusta telah ditetapkan menjadi komoditas unggulan Kabupaten Way Kanan, dan saat ini revitalisasi tanaman kopi terus lakukan dan terus didorong petani melakukan petik merah sehingga mampu menghasilkan kopi yang berkualitas baik.  Kami bekerjasama dengan Bank Indonesia dan SCOPI.

Sementara itu untuk yang ke 5 tentang  Pengembangan Koperasi dan UMKM, pengembangan perekonomian difokuskan pada upaya meningkatkan kualitas koperasi. Dan juga mendorong pelaku industri maupun usaha mikro kecil untuk mampu meningkatkan nilai tambah produk pertanian daerah sehingga mulai muncul produk-produk olahan dari Way Kanan, seperti produk olahan kopi, dan produk olahan singkong.

Dan yang ke-6 tentang yang Lingkungan Hidup, dalam  pelestarian lingkungan dimulai dari membenahi pengelolaan sampah dan penghijauan.  Upaya ini dihargai oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan memberikan Penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil di Tahun 2019.

Di akhir sambutannya Adipati mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bapak Gubernur Lampung di Kabupaten Way Kanan, dan Pemberintah Kabupaten Way Kanan akan senantiasa bersinergi untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Provinsi Lampung.

Reporter : Indera 

TerPopuler