Polemik Pansus IMB, Paul : Fokus Revisi Pengurusan SIMB Aja

Rabu, 01 Juli 2020, 06:11 WIB
Oleh Amsari

Reporter : Amsari

Medan, Delinewstv - Ketua komisi 4 DPRD Medan Paul MA Simanjuntak mengatakan bahwa rencana pembentukan Pansus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) akhirnya menimbulkan polimik. Sebaiknya komisi IV, lebih fokus untuk merevisi perda pengurusan surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB). Hal ini diungkapkan Paul MA Simanjuntak kepada wartawan di ruang komisi IV DPRD Medan, Senin (29/6/ 2020).

Menurut Paul MA Simanjuntak, untuk saat ini belum perlu adanya pansus IMB, karena komisi IV selalu melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan beberapa OPD Pemko Medan terkait permasalahan IMB.

"Karena aturan pengurusan SIMB sudah tidak cocok lagi dengan perkembangan Kota Medan saat ini. Sebaiknya kita sesuaikan dengan keadaan sekarang, ini semuanya untuk kemajuan Kota Medan, dengan tujuan untuk meningkatkan pemasukan PAD disektor SIMB,” ucap Paul Simanjuntak.

Dengan adanya revisi IMB ini, Paul yakin tidak akan ada lagi pengembang yang menyalahi aturan dalam pengurusan IMB. Bahkan ini akan menambah pemasukan PAD Kota Medan. Sebab selama ini, terlalu banyak aturan yang harus di penuhi dalam pengurusan SIMB.

"Parahnya perkembangan ekonomi saat ini terasa sulit buat pengembang untuk mengurus SIMB-nya. Dengan luas tanah yang ada, untuk dibangun 8 pintu ruko, namun yang izin IMB yang keluar hanya 5 pintu. Akibatnya pengembang merasa rugi apabila bangunan tersebut dibangun, sehingga ruko tersebut susah untuk dipasarkan," jelas Paul.

TerPopuler