Satukan Usaha Mahasiswa, Adri Aladin Dirikan IAIN Parepare Dagang

Rabu, 29 Juli 2020, 00:04 WIB
Oleh Redaksi Net24Jam
Adri Aladin

Pare-Pare, Delinewstv
Salah satu alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Pare-Pare,Provinsi Sulawesi Selatan yakni Adri telah membuat projek pengumpulan usaha online para mahasiswa yang diberi nama IAIN Parepare Dagang. Hal itu terinspirasi karena adanya pandemi Covid-19.

"Awalnya kami melihat banyak usaha online mahasiswa yang berjatuhan selama pandemi Covid-19, mulai dari sinilah saya berinisiatif menyatukan semua pebisnis muda yang notabenenya mahasiswa IAIN, agar mempunyai wadah untuk diskusi dan saling memotivasi khususnya putaran uangnya di lingkup kampus," ujarnya, Selasa (28/7/2020).

Adri menerapkan konsep untuk mengumpulkan mahasiswa ini dengan bertujuan mengembangkan bisnis dan membantu memasarkan usaha onlinenya tanpa dipungut biaya.

"Memang niatnya kami mengumpulkan mahasiswa yang minatnya di bisnis dan kedua kita juga ingin membantu untuk bagaimana caranya memasarkan produk produknya dengan baik. Jika ingin produknya ingin di iklankan, kami tidak pungut biaya apapun," ungkapnya.

Selama tiga bulan kedepan, ia berupaya memberikan inovasi dengan membangun sistem serta mengumpulkan mahasiswa IAIN yang baru memulai tersebut agar mampu jadi pebisnis besar.

"Kita beri inovasi bagi yang baru memulai dan menjadi pebisnis besar seperti teman temannya yang sudahlah sukses duluan. Makanya kami memberi wadah adakan pertemuan sekali dalam sebulan dan mengundang mentor mentor yang handal di dunia bisnis," Adri menyebutkan.

Oleh karena itu, lanjut Andri, bahwa dirinya telah menyediakan grup Whatsapp untuk mengumpulkan mahasiswa yang ingin bergabung dan untuk promosi produknya dengan follow akun tag IAIN Parepare Dagang serta mempertimbangkannya.

"Caranya bergabung silahkan Direct Message di instagram karena kami telah menyiapkan grup Whatsapp untuk ruang diskusi dan yang ingin dipromosikan jualannya silahkan follow di Instagram dan posting jualan kalian jangan lupa tag kami. Dari situ kami akan mempertimbangkan melihat dan menilai apakah layak untuk di repost atau tidak," lanjutnya.

Alumni IAIN ini menambahkan, bagi yang ingin iklannya dimuat di Fit hal itu berbayar, di karenakan yang memasan iklan di instagram, desainnya di buatkan untuk mereka tersedia 3 blog, jadi sistemnya seperti sistem katalog.

Tak hanya itu, Adri menceritakan sedikit saat merintis IAIN Parepare Dagang, sangat sulit merintis wadah pengusaha ini di tengah pandemi Covid-19 untuk mengumpulkan pebisnis sangat sulit, dan awalnya hanya memanggil teman-teman terdekatnya dulu untuk bergabung.

"Susahnya itu ketika merintis untuk mulai wadah ini di tengah pandemi Covid-19 tentu mengumpulkan pebisnis itu sangat sulit, akhirnya kita hanya memanggil dan merekrut orang-orang terdekat, dan dari itu mereka memanggil orang terdekatnya lagi. Tapi ternyata dari sekian banyak pebisnis di kampus banyak yang tidak ingin bergabung, mungkin dengan alasan merasa belum percaya atau mereka tidak butuh," ucap Adri.

Didirikannya usaha online para mahasiswa yang bergabung didalamnya, Adri merasa sangat bangga ketika membeli produk teman temannya di lingkup kampus karena mulai rasa dan harga tidak jauh beda dengan produk dijual masyarakat pada umumnya.

"Sebagai alumni, saya sangat berbangga dikarenakan dapat membeli produk dari kalangan mahasiswa IAIN Parepare. Pertanyaannya, kenapa saya harus membeli produk orang lain? jika di kampus saya ada yang menjual hal yang sama," tuturnya.

Ia berharap, IAIN Parepare Dagang ini mampu menginspirasi mahasiswa atau organisasi kemahasiswaan membuat usaha yang kreatif. 

"Semoga dengan adanya IAIN Pare Dagang bisa menginspirasi mahasiswa ataupun organisasi agar menciptakan bisnis yang kreatif dan dibutuhkan oleh mahasiswa," harap Adri menandaskan.

(Zuwandy/Husnil)

TerPopuler