Tips Sederhana Menghemat Penggunaan Alat Perabot Listrik

Jumat, 24 Juli 2020, 15:00 WIB
Oleh Gugun Marpaung
Medan, Delinewstv - Saat di musim kemarau, meningkatnya suhu dan kelembapan memaksa pendingin ruangan dan lemari es bekerja terus menerus untuk mendinginkan tubuh serta makanan sehingga meningkatkan konsumsi listrik.
Tapi hal ini terjadi tidak hanya pada musim kemarau aja... Berdasarkan penelitian terbaru menemukan bahwa pendingin ruangan dan lemari es akan segera menguasai 40 persen dari total permintaan listrik di Asia Tenggara pada tahun 2040.

Selain itu meningkatnya penggunaan listrik berakibat pada naiknya tagihan listrik; namun ini dapat diatasi dengan upaya  penghematan energi. Lima tips berikut dapat membantu Anda menghemat energi di dapur dan di  bagian rumah lainnya:

1. Air Conditioner / Pendingin Ruangan


Pendingin ruangan mengkonsumsi listrik yang besar dan penggunaannya semakin meningkat di seluruh Asia. Seperti yang diketahui, banyak merk dan jenis AC low watt yang beredar di pasaran. Tentunya sebelum membeli, Anda harus tahu dulu apa saja hal – hal penting agar tak salah pilih AC low watt untuk menambah kenyamanan di dalam rumah.

Berbekal AC hemat listrik di dalam ruangan, tak hanya membantu menjaga kenyamanan. Tapi, juga turut menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga sekaligus menghemat energi listrik.

Seperti di Singapura, umlah energi yang digunakan untuk mengatur suhu diperkirakan naik hingga 73 persen dari tahun 2010 hingga 2030. Beralih ke pendingin ruangan berefisiensi tinggi dapat menurunkan konsumsi listrik hingga separuhnya; selain itu, menyalakan pendingin ruangan pada suhu normal 24 derajat Celsius juga dapat mengurangi penggunaan energi. Untuk menjaga rumah tetap sejuk, tutup tirai jendela pada siang hari untuk menghindari panas terik matahari.

2. Lemari Es


Jika Anda bersedia merogoh kocek lebih dalam untuk perlengkapan dapur, investasikan uang Anda pada lemari es. Lemari es menyala 24 jam, oleh karena itu, model dengan fitur hemat energi dapat membantu Anda menghemat listrik dan mengontrol tagihan listrik. Jika lemari es dengan fitur hemat energi terjangkau bagi Anda, tidak ada salahnya untuk menggunakannya.  Meskipun lebih mahal, pada akhirnya Anda akan melakukan penghematan karena lemari es jenis ini mengonsumsi listrik yang lebih kecil daripada lemari es biasa.

3. Mesin Cuci


Dalam mengaplikasikan mesin cuci, gunakan fitur bilas dingin (cold rinse). Agar lebih berhemat, penuhi tabung mesin cuci setiap kali Anda mencuci; atau gunakan pengaturan setengah muatan jika cucian Anda tidak banyak.

4. Sinar Matahari


Selanjutnya gunakan sinar matahari untuk mengeringkan pakaian Anda dengan cara menjemurnya. Pengering mesin cuci adalah salah satu peralatan rumah tangga yang membutuhkan listrik yang besar, jadi cukup gantung pakaian Anda di jemuran atau hanger saat cuaca di luar panas dan matahari bersinar cerah. Udara segar dan sinar matahari membantu membunuh tungau debu dan melunturkan noda.

5. Lampu Penerangan


Cara berikutnya ganti lampu penerangan lama Anda dengan lampu penerangan baru yang hemat energi. Anda dapat menurunkan tagihan listrik dengan menyingkirkan lampu halogen berefisiensi rendah yang mengubah 90 persen energi menjadi panas dan menggantinya dengan lampu LED (light-emitting diode) atau CFL (compact flurescent lamp) yang hemat energi. Meskipun lampu hemat energi lebih mahal, Anda tetap menghemat uang karena lampu jenis ini lebih tahan lama dibandingkan lampu biasa, bahkan hingga hitungan tahun.

Jadi, sudah tak bingung lagi cara menghemat energi dan uang, semoga berbekal tips – tips di atas, Anda bisa terbuka wawasan dan menambah referensi tentang energy efficiency dan energy saving.

Have a nice day...



[red/exxon mobil corporation]

TerPopuler