Warga Miskin di Belawan Keluhkan JKN-KIS Non Aktif

Senin, 13 Juli 2020, 18:36 WIB
Oleh Redaksi Net24Jam
JKN-KIS Bantuan Kesehatan Pemerintah yang tidak Aktif.

Medan, DelinewstvPengguna Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), mengeluh setelah mengetahui kartunya tidak bisa digunakan saat berobat.

Isnaini (40) warga Lingkungan 23 Lorong Dermawan Kelurahan Belawan I Kecamatan Medan Belawan, mengaku kebingungan dan kecewa lantaran kartu KIS miliknya non aktif.

Istri dari Sofyan ini kepada wartawan menyampaikan, bahwa dirinya sedang menderita kanker payudara dan ingin mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

"Saat saya ingin berobat ke rumah sakit, namun pihak rumah sakit meminta membereskan persyaratan. Dari situ saya tahu kartu KIS tidak aktif," ujar Isnaini, Senin (13/7/2020).

Dia berharap, agar kartu KIS bantuan kesehatan dari pemerintah tersebut secepatnya diaktifkan.

"Saya ini warga tidak mampu yang saat ini sedang sakit, berharap agar pemerintah lebih perhatian kepada kami ini warga miskin," harap Isnaini.

Lain halnya dengan Irmaya (21), warga lingkungan 27 lorong Kenanga Kelurahan Belawan I Kecamatan Medan Belawan, juga mengeluhkan JKN-KIS miliknya tidak aktif lagi.

Irmaya mengemukakan, ketika dia memeriksakan kesehatan kandungannya di Puskesmas dengan menggunakan kartu KIS, pihak Puskesmas memberitahu bahwa kartu KIS miliknya non aktif.

"Saya dalam waktu dekat ini akan segera melahirkan. Warga miskin seperti saya ini, jangankan biaya untuk berobat, untuk makan sehari-hari juga kami masih terbilang pas-pasan," ungkapnya.

(Ridwan)

TerPopuler