Aksi Unjuk Rasa di Kantor Dinas PUPR Langkat Tuntut Tangkap Kontraktor Jembatan

Senin, 31 Agustus 2020, 12:50 WIB
Oleh RDT
Langkat, Delinewstv. - Aksi unjuk rasa warga dan mahasiswa yang tergabung dalam forum mahasiswa serta pemuda aktif kecamatan sawit sebrang berunjuk rasa di depan kantor dinas pekerjaan umum dan penataan ruang PUPR Kabupaten Langkat, pada hari Senin (31/8) sekira pukul 11.40 WIB. 

Mereka menuntut pihak terkait memeriksa dan menangkap para oknum atas ketidak jelasan dan lambannya pembangunan jembatan sei litur tasik  di Kecamatan Sawit sebrang.

Ratusan unjuk rasa dengan membawa spanduk dan poster tuntutan, aksi unjuk rasa dilakukan dengan longmarch dari depan kantor bupati Langkat menuju ke kantor dinas PUPR.

Menurut warga pembangunan jembatan sei litur senilai Rp.752.973.000 dengan APBD Tahun 2019 tanggal pengerjaan 27 September 2019 s/d 25 Desember 2019 yang dilaksanakan oleh rekanan pengelola anggaran yakni CV. Wampu tidak jelas.

Saat ini jembatan sei litur justru mangkrak. Padahal jembatan tersebut merupakan jembatan akses utama penghubung antara sejumlah desa di kecamatan sawit sebrang dengan pusat kecamatan Sawit Sebrang.

Menurut koordinator aksi, Johan ginting pihaknya menduga ada potensi korupsi yang dilakukan atas pembangunan jembatan sei litur tasik. ”Kami Meminta pihak terkait untuk memeriksa oknum oknum terkait dan menuntut Bupati Langkat untuk memecat Subiyanto selaku kadis PUPR Langkat karena dinilai tidak becus melaksanaan tanggung jawabnya, " ujarnya.

Sementara itu salah seorang warga, Masniyah menyatakan selama ini sudah banyak warga yang menjadi korban karena jembatan sei litur yang rusak. “Udah banyak warga yang hanyut terbawa arus saat melintas sungai sei litur, jembatan rusak jadi kami menyebrang dengan melintasi aliran sungai, " ujarnya. Belum lagi kendaraan seperti truk warga yang terperosok masuk ke dalam sungai.

Warga juga sudah berkali kali dipanggil oleh DPRD Langkat untuk bertatap muka dengan dinas PUPR, namun jembatan tak kunjung selesai dikerjakan.

Aksi unjuk rasa ini dijaga belasan anggota polisi dari Polres Langkat. Meski telah berunjukrasa namun kadis PUPR Kabupaten Langkat Subiyanto enggan menemui pengunjukrasa.

Reporter : Rahmad 

TerPopuler