Berduka : Gus Im , Adik Bungsu Gus Dur Berpulang

Sabtu, 01 Agustus 2020, 08:54 WIB
Oleh Joy Silalahi
Gus Im KH Hasyim Wahid
Foto Alm.KH Hasyim Wahid atau Gus Iim 

Kabar duka datang dari keluarga KH Wahid Hasyim. KH Hasyim Wahid atau Gus Iim dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (1/8) menjelang subuh tadi.

Kabar meninggalnya adik almarhum Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan almarhum Salahuddin Wahid (Gus Sholah) itu diketahui dari cuitan Irfan Wahid, irfan merupakan keponakannya dari Gus Sholah.

Kabar duka itu diumumkan keponakannya, Irwan Wahid, putra KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah), dalam cuitannya di akun twitternya @ipangwahid.

Menurut Irfan, jenazah KH Hasyim Wahid akan disemayamkan di rumah duka di Ciganjur, Jakarta Selatan dan selanjutnya dimakamkan di Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

Informasi tersebut telah dikonfirmasi oleh pihak keluarga, di antaranya keponakan Gus Iim Maria Advianti, putri Nyai Lily Wahid.

"Jenazah akan disemayamkan di rumah duka di kediaman keluarga di kawasan Ciganjur Jakarta Selatan," imbuh Maria Advianti, seperti dikutip NU Online (1/8).

KH Hasyim Wahid merupakan putra bungsu pasangan pahlawan nasional KH Abdul Wahid Hasyim dan Nyai Solichah.

Gus Im merupakan salah satu orang dekat Gus Dur selama hidup. Gus im yang pernah terlibat di dalam Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) ini juga berandil besar dalam terpilihnya Gus Dur sebagai Presiden ke-4 Indonesia.

Sosok yang akrab disapa Gus Im itu dikenal dekat bahkan menjadi mentor para aktivis, terutama dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

TerPopuler