Reses ke III Antonius D Tumanggor Dibanjiri Warga, Dinas Pertanian dan Perikanan Medan Bagikan Bibit Ikan.

Minggu, 30 Agustus 2020, 09:34 WIB
Oleh Amsari

Medan, Delinewstv - Antusias masyarakat di daerah Kecamatan Medan Helvetia mendatangi lokasi acara reses tahap III Sidang ke III Tahun 2020 anggota DPRD Kota Medan dari Partai NasDem Kota Medan, Antonius Devolis Tumanggor,S.Sos yang diadakan di Jalan Matahari Raya No.84 Kelurahan Helvetia Tengah Kecamatan Medan Helvetia (Donbosko Santo Thomas Medan), Sabtu (29/8/2020) yang dimulai dari pukul 16.00 WIB s/d selesai.

Jumlah tamu undangan yang hadir juga melebihi dari kuota yang sudah ditentukan, namun hal tersebut tidak menyurutkan pihak panitia untuk tetap menerima warga masyarakat di Dapil 1 itu untuk mengikuti Reses anggota DPRD kota Medan, Antonius D Tumanggor. Sebab, disamping menjemput aspirasi masyarakat, Antonius Tumanggor juga ingin temu ramah dengan para konstituennya dipelaksanaan reses tersebut.

"Terimakasih atas kehadiran para Bapak dan Ibu serta saudara sekalian pada pelaksanaan Reses III Sidang III Tahun 2020, Anggota DPRD Kota Medan dari  Dapil I, Antonius D Tumanggor yang kita laksanakan pada hari ini. Kiranya pada pertemuan yang sungguh luar biasa ini, meskipun ditengah pandemi COVID-19 yang masih mewabah, ternyata antusias Bapak dan Ibu serta saudara sekalian untuk bertemu dengan Pak Antonius Tumanggor sangatlah besar. Namun, kita ketahui ditengah situasi saat ini, semua serba terbatas dan tidak boleh saling bersalaman, kita juga harus menerapkan protokoler kesehatan dengan menjaga jarak untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19)," ujar MC bernama Jojo.

Camat Medan Helvetia yang turut hadir pada pelaksanaan Reses III Antonius Tumanggor, dalam kata pembukaannya mengatakan, bahwa hanya Antonius D Tumanggor lah anggota Dewan yang peduli dengan para pemilih di Dapil 1, Kecamatan Medan Helvetia.

Sementara itu, Antonius Devolis Tumanggor, S.Sos dalam kesempatan ini menghimbau kepada seluruh masyarakat yang datang untuk memenuhi undangannya, maupun yang datang karena mendengar ada acara reses tahal III tersebut mengucapkan terimakasih atas kehadirannya.

"Silahkan, Bapak dan Ibu sekalian untuk mengungkapkan semua persoalan apa saja yang mungkin  itu tentang pelayanan, bantuan dari pemerintah dan lain sebagainya. Karena, saya juga mengundang Dinas PU Kota Medan, Dinas Pertanian dan Perikanan kota Medan serta Camat Medan Helvetia. Kiranya mereka nanti dapat menjawab semua keluhan dari Bapak dan Ibu serta saudaraku sekalian," terang Antonius.

Pada sesi tanya jawab, seorang warga bernama Rajiman Sinaga mengeluhkan tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah, baik itu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST) atau sebagainya. Pria yang bekerja tidak tetap ini berharap pemerintah dapat memasukkan namanya menjadi penerima bantuan pemerintah.

"Saya sudah lama tidak pernah mendapat bantuan dari pemerintah, untuk itu kiranya melalui anggota DPRD Kota Medan dari Dapil 1 Kota Medan, Antonius D tumanggor, saya bisa dibantu mendapatkan bantuan dari pemerintah," ujarnya seraya bermohon.

Selanjutnya, B Situngkir, Warga Gang  Sadar No.10 Kelurahan Helvetia mengeluhkan kondisi badan Jalan sepanjang Gang sadar yang sudah rusak dan berlobang dan segera sangat butuh diperbaiki.

Menjawab keluhan warga tersebut, Antonius Tumanggor langsung mengatakan kepada Dinas PU Medan yang hadir melalui perwakilannya, agar segera melakukan peninjauan dan jika memang segera mungkin agar Jalan di Gang Sadar kelurahan Helvetia tersebut segera diperbaiki, termasuk juga Jalan Beringin yang juag sudah pernah dikeluhakan warga.

Perwakilan dari Dinas PU kota Medan pun berjanji akan melakukan peninjauan pada Senin depan dan bila memungkinkan akan dilakukan perbaikan. " Kita lihat dulu tingkat kerusakan jalannya, jika memang masih dapat diperbaiki, maka akan kita perbaiki,dari anggaran yang ada," ujar perwakilan dari Dinas PU tersebut.

Antonius juga mengaku, sudah beberapa lokasi jalan di Kecamatan Medan Helvetia yang  masuk tahap pengerasan. Namun, akibat adanya wabah COVID-19 dimana anggaran untuk pembangunan infrastruktur pun akhirnya terserap untuk penanggulangan percepatan penanganan COVID-19 oleh pemerintah kota Medan.

" Untuk itu bagi yang sudah kita sempat tinjau, namun belum ada tidak terealisasi, sebenarnya bukan tidak dikerjai. Karena situasi COVID-19, anggaranya sementara dialihkan kesana, jadi hanya yang urgen-urgen saja yang dilakukan perbaikan terlebih dahulu. Ditahun depan, kita akan upayakan agar yang sudah ditinjau segera dapat dikerjakan," terang Antonius yang juga menjabat bendahara Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kota Medan ini.

Serahkan Bantuan Bibit Ikan secara Simbolis

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan yang diwakili oleh Kepala UPT Balai Benih dan Budi Daya Ikan Dinas Pertanian dan Perikanan, R.Gatot Pahlawan menjelaskan tentang program yang saat ini sedang digalakkan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan dengan memanfaatkan lahan kosong untuk beternak ikan lele, mujahir dan lainnya. Karena untuk benih ikan yang sudah ada di UPT Tuntungan siap untuk dibagikan kepada masyarakat secara gratis untuk di budidayakan sehingga dapat menjadi sumber penghasilan. Apalagi ditengah pandemi COVID-19 saat ini. Selain benih ikan, ada juga bibit tanaman yang bisa juga dimanfaatkan bagi yang memiliki lahan kosong di kota Medan.

"Disini kami juga akan menyerahkan benih ikan secara gratis kepada warga masyarakat di Kecamatan  Medan Helvetia, dan Kecamatan Medan Barat, nantinya kami berharap, bibit ikan ini akan dapat dibudidayakan dan berkembang sehingga menghasilkan," ucapnya.

Gatot juga mengaku bahwa dinas Pertanian dan Perikanan juga ada melakukan penyuluhan untuk pengembang biakan ikan dan tanaman. "Selagi warga masyarakat mau untuk bercocok tanam dan beternak ikan, maka kami akan turun untuk mengedukasinya, secara gratis," sebut nya.

Selanjutnya, Anggota DPRD Kota Medan, Antonius Devolis Tumanggor, Camat Medan Helvetia, Perwakilan dari Dinas Pertanian dan Perikanan, memberikan secara simbolis bibit ikan untuk dikembang biakkan di wilayah mereka masing-masing.

Salah seorang warga bernama Dapot saat ditanya komentarnya terkait pelaksaan reses III Antonius Tumanggor mengatakan, sepengetahuannya, kemungkinan Reses tahap III Sidang ke III anggota DPRD kota Medan dari Dapil satu (1) lah yang terbanyak dan terbesar di Agustus 2020 ini.

" Saya melihat, begitu banyak tamu undangan yang hadir, melebihi kuota yang ditentukan, saya rasa ini merupakan pelaksanan reses terbanyak dari antara reses yang dilakukan oleh anggota DPRD Kota Medan pada bulan Agustus Tahun 2020. Ini menunjukkan selama ini, Antonius Tumanggor memang selalu berbuat kepada konstituennya, apalagi terhadap sertiap orang yang mengenal dirinya," kata Dapot yang merupakan warga kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat tersebut.

Amatan wartawan dilokasi, selain memberikan bibit ikan secara gratis kepada perwakilan warga, Antonius Tumanggor juga memberikan bantuan sembako kepada warga gereja yang diketahui miskin dan kurang mampu.

Reporter : Amsari

TerPopuler