Gabungan Dit Narkoba Poldasu Sikat Kampung Narkoba di Siantar, Bandar Besarnya Kabur.

Senin, 17 Agustus 2020, 11:46 WIB
Oleh Bern

P.Siantar, Delinewstv – Tim gabungan Direktorat Narkoba Polda Sumatera Utara dan Brimob Kompi B Kota Pematang Siantar grebek salah satu rumah di kampung narkoba yang terletak di Kampung Banjar Jalan Setia Gang Sica Kelurahan Banjar Kecamatan Siantar Barat Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, Jum’at (14/8/2020).

Kampung yang terletak di Jalan Bola Kaki Bawah yang dijuluki kampung narkoba tersebut tak pernah lumpuh dari pantauan Kepolisian, baik Resor Pematang Siantar maupun tim Polda Sumut.

Sebelumnya Delinews Network telah menayangkan pemberitaan terkait Kampung Banjar di duga kampung bebas transaksi narkoba, 'Seakan Kebal Hukum, DM,TTN dan BDL Bebas Berbisnis Narkotika diKampung Banjar Siantar Barat Sumatera Utara'

Hasil penggerebekan, Tim Gabungan berhasil mengamankan dua orang tersangka inisial Ij (44) dan inisial Rk (43), kedua pria paruh baya itu juga berdomisili di Kampung Banjar. Keduanya berstatus sebagai pengedar.  Sementara, bandarnya yang disebut-sebut warga berinisial B (34) lolos dari sergapan polisi.

"Yang tertangkap itu anggotanya Si B. Kalau si B Itu bandarnya," ujar  salah seorang warga berinisial SJ (35) yang merupakan warga setempat. Kata warga lagi,  si B (34) yang sebelumnya bekerja sebagai tukang bubur itu kini telah jaya dan dikerumuni uang dalam bisnis haramnya itu. "Dia itu dulu tukang bubur bang. Sekarang dia dah jadi orang kaya karena bisnis barunya itu (jualan sabu)," tambah warga lainnya yang meminta agar identitas mereka dirahasiakan.

Pemuda setempatnya yang kerab dijadikan sebagai kenziro (tukang intip), pengedar bahkan mata-mata setiap titik jalan sehingga membuat keresahan bagi masyarakat setempat. " Anak-anak muda sini pun dipakai sama B, untuk memuluskan bisnis haramnya itu," tambahnya.

Terpisah, Kasat Narkoba Polres Siantar bernama AKP David Sinaga melalui Humas Polres Siantar, Iptu Rusdi Yahya mengatakan," laki-laki itu bernama Ijul (44),Warga Banjar dari pemerikasaan team di temukan Satu unit Handphone," ucapnya.

Sambungnya, kemudian team melihat dari jendela rumah yang dicurigai sarang narkoba.

"Sehingga team lari menuju ke lantai dua dan Personel Sat Narkoba menuju ke belakang rumah untuk berjaga-jaga, dan pada saat itu personil melihat ada orang yang berusaha melarikan diri dari jendela belakang  dari lantai dua rumah tersebut, Ia dan temannya bernama Riki (43) Warga Banjar. Kemudian team melakukan penggeledahan " pungkasnya

Dari kedua diduga pengedar shabu tersebut ditemukan, 1(Satu) kotak rokok yang diduga berisi 1(Satu) batang rokok yang sudah dicampur ganja, kemudian dari kantong jaket ditemukan 1 (Satu) paket shabu. Di lantai 2 (dua) rumah ditemukan uang tunai senilai Rp 125.000, 1 (satu) unit handphone, 7 (tujuh) buah bong, 2 (dua) buah jarum sumbu, 2 (dua) buah pipa kaca, 10 (Sepuluh) buah mancis, 2 (dua) buah plastik klip yang masing-masing berisi 4 (empat) paket shabu, 1 (unit) timbangan digital, 2 (dua) bungkus plastik klip kosong.

Selanjutnya seluruh barang bukti dikumpulkan dan bersama kedua pengedar tersebut dibawa ke Satuan Narkoba Polres Siantar.

Penulis : DN
Redaksi DNSimalungun
Editor  : Bern
Artikel : Tim Gabungan Dit Narkoba Poldasu Sikat Kampung Narkoba di Siantar.

TerPopuler