Kepulauan Mentawai Masuk Kategori Obyek Wisata Kelas Dunia

Selasa, 04 Agustus 2020, 14:48 WIB
Oleh Gugun Marpaung
peta kepulauan mentawai

Sumatera Barat, Delinewstv - Pemerintah Indonesia gencar-gencarnya membangun infrastruktur pariwisata di Sumatera Barat, khususnya Kepulauan Mentawai. Beberapa infrastruktur yang rencananya akan dibangun adalah Marina Center di Padang dan juga bandara.

Menurut penjelasan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Ridwan Djamaluddin, kepulauan Mentawai masuk ke dalam satu satu obyek wisata kelas dunia. Untuk itu, pemerintah gencar-gencarnya melakukan pengembangan.

"Kita perlu menyiapkan infrastruktur yang bagus supaya ketika turis mau berkunjung ke Mentawai itu mereka punya pelabuhan yang bagus di sini," kata Djamaluddin, (4/8/2020).

Djamaluddin menjelaskan, pembangunan Marina Center ini akan dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II). Adapun konsepnya akan lebih bernuansa laut atau maritim di kota Padang, Sumatera Barat, seperti yang sudah dikoordinasikan dengan pemerintahan setempat dan semua sudah sepakat untuk pembangunannya.


"Sehingga harapannya nanti kita terbangun Maritim Center bisa menjalankan fungsi sebagai pelabuhan yang menjadi akses ke Mentawai dan juga menjadi tempat contoh yang baik bagaimana sebuah komunitas berbasis maritim bisa dihidupkan, karena nanti akan ada kulinernya, akan ada tampilannya dan lainnya," ujarnya.

Masih penjelasan Djamaluddin, bahwa di kepulauan Mentawai sendiri sebetulnya sudah direncanakan pembangunan bandara, namun tidak mengganggu pembangunan Marina Center ini.

"Walaupun di sana akan ada rencana membangun bandara sendiri dan wisatawan ke sana, tetapi opsi ini akan tetap dibuka, karena di sana kan belum mulai nah di sini sudah ada. Jadi yang mau langsung ke Mentawai melalui jalur udara bisa atau melalui jalur laut lewat Padang," jelasnya.
Selanjutnya penjelasan dari Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, bahwa semua perizinan sedang disiapkan. Dirinya berharap pembangunan dapat dilaksanakan sesegera mungkin.

"Muara ini diperbaiki lalu menjadi Marina Center awalnya ide Menko Marves (Luhut B. Pandjaitan) melalui Deputi Ridwan, bahwa ini nanti akan ke Mentawai. Semua perizinan kita siapkan. Intinya kita tentu mengharapkan semua segera diproses," ujarnya.



[red/lptn6]

TerPopuler