LRSLU Minaula Kendari Lakukan Monitoring Pastikan Bansos Lanjut Usia Tepat Sasaran

Minggu, 23 Agustus 2020, 23:21 WIB
Oleh Bern

Malut, Delinewstv - Sebagai wujud komitmen dalam memastikan bantuan sosial PROGRES LU tersalurkan dengan tepat sasaran, Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) Minaula Kendari menggelar monitoring dan evaluasi secara serentak di beberapa wilayah jangkauan (18-21 Agustus 2020).

Kegiatan monitoring dan evaluasi dilakukan terhadap 26 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang tersebar di 3 provinsi, yaitu Sulawesi Tengah, Maluku dan Maluku Utara. Ke-26 LKS tersebut merupakan mitra Loka Minaula dalam penyaluran bantuan sosial PROGRES LU Tahun 2020.


Kepala Loka Minaula Kendari, Syamsuddin mengatakan kegiatan kali ini merupakan lanjutan dari monitoring sebelumnya yang telah dilaksanakan di Gorontalo dan Sulawesi Utara. Nantinya semua LKS mitra penyaluran PROGRES LU yang tersebar di 8 provinsi jangkauan akan dilakukan monitoring dan evaluasi. Hal ini dilakukan guna memastikan bantuan yang telah disalurkan dapat tepat sasaran dan bermanfaat bagi lansia penerima.

Lanjut Syamsuddin, dan di Maluku Utara dapatnya di Kota Tidore Kepulauan dan hasil Monev ada 165 lansia yang dapat bantuan," dan total Lansia yang ada di Maluku Utara sebanyak 600 lansia yang menerima bantua," ucapnya

Syamsuddin juga menegaskan bahwa setiap petugas yang melakukan monitoring telah dibekali dengan internalisasi nilai-nilai anti KKN dan gratifikasi. Sehingga kami berharap proses monitoring dapat berjalan dengan optimal dan objektif.

Seperti diketahui bahwa Loka Minaula Kendari telah menyalurkan bantuan sosial PROGRES LU kepada 7.060 lansia melalui 94 LKS yang tersebar di 8 provinsi wilayah jangkauan, yang meliputi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku dan Maluku Utara, serta Papua dan Papua Barat. Adapun bantuan yang diberikan sebesar Rp. 2.700.000 untuk setiap lansia yang terdiri dari 3 komponen, yaitu Bantuan Bertujuan sebesar Rp. 1.500.000, Dukungan Keluarga sebesar Rp. 500.000, dan Perawatan Sosial sebesar Rp. 700.000.

Selain melakukan  pemeriksaan laporan pertanggungjawaban dana bantuan sosial dan uji petik kepada lansia penerima, Loka Minaula juga melakukan pembinaan dan evaluasi kinerja LKS dalam melakukan pendampingan terhadap lansia dalam memanfaatkan bantuan.

Yunita, salah satu pengurus LKS mengatakan sangat senang karena kedatangan tim dari Loka Minaula bukan hanya melakukan pemeriksaan laporan pertanggungjawaban, tetapi juga disisipi dengan nasehat-nasehat terkait tata kelola LKS dan metode pendampingan kepada lansia, sehingga dapat mendorong kami untuk bisa lebih baik lagi.

Penulis : Adan Pattisahusiwa –(Biro Malut)
Editing  : Bern M
Artikel  :  Bansos Lanjut Usia Tepat Sasaran

[email protected] – DELINEWS NETWORK

TerPopuler