Pabrik Kerupuk di Binjai Timur Hangus di Lalap Si Jago Merah

Minggu, 30 Agustus 2020, 09:54 WIB
Oleh RDT
Binjai, Delinewstv. - Pabrik pengolahan kerupuk di Jalan Danau Laut Tawar, Lingkungan IV, Kelurahan Sumberkarya, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara, hangus dilalap api (si jago merah) dini hari.

Keterangan dihimpun, Minggu Pagi (30/08) sekira pukul 08.15 WIB, pabrik pengolahan kerupuk yang hangus terbakar itu diketahui milik Suparyanto (47), warga Lingkungan IV, Kelurahan Sumber Karya.

Kobaran api muncul sekira pukul 03.00 wib, yang diduga dipicu pembakaran sekam padi di dapur pabrik. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tetapi kerugian material ditaksir lebih dari Rp 500 juta.

Namun karena dinding bangunan pabrik terbuat dari material berbahan kayu dan bambu, serta atap dari daun rumbia, maka api dengan cepat merambat dan membakar seluruh bagian bangunan dan perkakas yang ada di dalamnya, termasuk dua mobil, satu sepeda motor, dan satu becak bermotor.

Staf Pusat Pengendali Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Kota Binjai, M Surya Wijaya, mengaku, pihaknya menerjunkan empat armada pemadam api untuk mengatasai kebakaran itu.

Namun karena kobaran api sudah terlanjur membesar, menyebabkan upaya pemadaman menjadi sulit. Akibatnya, upaya pemadaman api lebih difokuskan untuk mencegah dampak kebakaran meluas ke bangunan terdekat.

“Kobaran api sendiri berhasil dipadamkan Satgas BPBD sekitar pukul 03.30 wib. Meskipun demikian upaya itu tetap tidak mampu menyelamatkan bangunan pabrik,” ujar Surya.

Reporter : Rahmad

TerPopuler