Perencanaan Matang Pemerintah Untuk Peluncuran Uang Rp 75.000 Edisi HUT RI ke 75

Senin, 17 Agustus 2020, 15:14 WIB
Oleh Gugun Marpaung

Jakarta, Delinewstv - Saat ini Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia berupa uang kertas nominal Rp 75 ribu. Uang tersebut dapat diperoleh dengan menukar uang dengan nominal yang sama di kantor BI seluruh Indonesia.

Selanjutnya Kementerian Keuangan, Sri Mulyani juga menyampaikan peluncuran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI telah melewati koordinasi berbagai pihak. Perencanaan matang sudah dilaksanakan sejak 2018.

"Ini bukan cetakan uang baru yang dimaksudkan untuk tambahan likuiditas pasar maupun untuk mendanai APBN," katanya dalam peluncuran uang peringatan kemerdekaan Rp 75 ribu, (17/8/2020).

Menurut Mulyani, untuk peluncuran khusus ini dilakukan dalam rangka memperingati peristiwa tujuan khusus, yakni kemerdekaan RI 75 tahun. Uang tersebut dicetak terbatas dengan jumlah lembar sebanyak 75 juta dan ditandatangani oleh Gubernur BI juga Menteri Keuangan.

Penjelasan dari Gubernur BI, Perry Warjiyo bahwa uang tersebut merupakan wujud syukur atas pencapaian selama 75 tahun dalam menjaga Indonesia. Cetakan uang Rp 75 ribu yang diluncurkan hari ini, menurutnya, punya tema dan makna filosofis.

"Tema dan makna filosofis adalah mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa gemilang," katanya.

Desain dilengkapi pula dengan berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia.

Sehingga makna ini digambarkan dalam halaman muka yakni peristiwa proklamasi oleh proklamator Soekarno dan Hatta. Dan halaman belakang berupa satelit merah putih, peta emas Indonesia, dan batik juga desainnya meliputi sejumlah anak-anak berpakaian adat mewakili wilayah barat, tengah, dan timur Indonesia.

Warjiyo mengatakan uang Rp 75 ribu kali ini dicetak dengan teknologi terbaru, dengan kualitas kertas yang lebih tahan lama. Masyarakat dapat memperolehnya melalui pemesanan secara digital melalui aplikasi pintar yang sudah disiapkan BI.


Sebelumnya, Bank Indonesia juga pernah mengeluarkan beberapa seri uang rupiah khusus.

Misalnya pada seri 25 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, BI pernah mengeluarkan uang dengan gambar muka lambang negara burung garuda, dan gambar belakang burung cendrawasih.
Uang tersebut dibuat dengan bahan logamperak kadar 1000/1000 dengan berat 8 gram serta diameter 26 milimeter.

Selain itu, dengan seri serta bahan yang sama, BI juga pernah mengeluarkan uang dengan gambar muka lambang negara burung garuda serta gambar belakang arca batu Manjusyri dari Candi Tumpang, Malang.

Uang seri yang sama juga dibuat dengan bahan logam emas kadar 900/1000.

Adapun pada seri 50 tahun Kemerdekaan Indonesia, BI juga pernah merilis uang rupiah logam khusus dengan gambar belakang Presiden Soeharto.

Pada uang tersebut, terdapat 50 bintang yang melingkari gambar utama serta teks melingkar bertuliskan "LIMA PULUH TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA". Uang tersebut dibuat dengan bahan logam emas kadar 23 karet serta memiliki berat 50 gram.







[red/rpbk.co.id]

TerPopuler