SMA Negeri 1 Medan Akan Direvitalisasi, Gubernur Sumut Berharap Bisa Jadi Percontohan

Jumat, 07 Agustus 2020, 11:21 WIB
Oleh RDT
Medan, Delinewstv. - Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan proses belajar dan mengajar di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Medan, tahun ini akan dilakukan revitalisasi bangunan dengan total anggaran sekitar Rp5,4 miliar yang bersumber dari APBD Sumut.

Hal itu terungkap dalam audiensi Dinas Pendidikan Sumut kepada Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Kamis (6/8). Hadir di antaranya Plt Kadis Pendidikan Sumut Lasro Marbun dan Kacabdis Pendidikan Medan Selatan Disdik Sumut R Zuhri Bintang.

Gubernur meminta proyek revitalisasi gedung sekolah tersebut dapat segera terealisasi, sehingga SMA Negeri 1 Medan bisa menjadi percontohan bagi sekolah lainnya.

"Secara umum saya setuju untuk dilakukan revitalisasi, karena setelah selesai SMA Negeri 1 Medan bisa menjadi contoh. Dengan lahan yang terbatas, sekolah itu bisa tetap indah, asri dan modern," ujar Gubernur.

Saat melihat persentasi paparan desain rancangan bangunanya, Gubernur juga memberikan beberapa masukan, antara lain terkait ornamen bangunan dan fasilitas pendukung.

"Saya senang dengan ornamen Melayu dan senang melihat konsepnya banyak tanaman. Tapi diperhitungkan juga mampu tidaknya pihak sekolah untuk mengurusnya nanti. Jangan malah jadi banyak tumpukan sampah," ucap Edy Rahmayadi.

Edy juga menyarankan agar diletakan kata-kata mutiara tentang semangat belajar dan informasi tentang pengetahuan umum di dinding sekolah, serta perlunya papan prestasi yang memuat prestasi-prestasi yang pernah diraih para siswa, agar semua tahu prestasi apa saja yang sudah ditorehkan para siswa maupun alumni.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumut Lasro Marbun mengatakan tujuan dari revitalisasi ini adalah untuk menata ulang agar lingkungan belajar lebih sehat, lebih adaptif dengan perkembangan keilmuan dan update terhadap teknologi.

"Kita harus update pada tantangan lingkungan. Hari ini kita kan harus perbanyak ruang sirkulasi udara, harus banyak taman dan yang paling penting nantinya tampilan sekolah akan lebih milenial yang disenangi para siswa," ujarnya.

Terkait dana yang akan digunakan untuk merehab sekolah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Medan Selatan Disdik Sumut R Zuhri Bintang mengatakan semuanya bersumber dari dana APBD Sumut.

"Tidak ada bantuan dari mana pun, murni menggunakan dana APBD. Bulan ini kita akan melakukan tender, diperhitungkan tiga bulan lebih akan selesai pembangunannya," ujarnya.(Rahmad) 

TerPopuler