SPI Labuhanbatu Tandatangani MoU Dengan Dinas PMD Labuhanbatu

Selasa, 11 Agustus 2020, 03:07 WIB
Oleh Rahmad

Labuhanbatu, Delinewstv
- Ketua Serikat Perempuan Independen (SPI) Labuhanbatu Istuti Leili Lubis melakukan kerjasama dengan  memorandum of understanding   (MoU) dengan  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Abdi Jaya Pohan tentang Pemberdayaan Perempuan dalam Membangun Desa yang dilaksanakan di Kantor PMD Kabupaten Labuhanbatu Suamatera Utara, Senin (10/8/2020).

Ketua SPI Labuhanbatu Istuti Leili Lubis yang didampingi Koordinator Program SPI Labuhanbatu Henny Rahayu menyampaikan kepada wartawan bahwa  kerjasama ini bertujuan untuk  pemberdayaan perempuan desa dalam meningkatkan partisipasi peran perempuan dalam pembangunan dan pemenuhan hak-hak perempuan desa.

Sesuai dengan Inpres Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengurusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional dan kerjasama ini diharapkan memastikan implementasi Undang - undang (UU)  Desa dan kebijakan strategis desa dapat mengakomodasi kebutuhan perempuan dan bagaimana memastikan kelompok-kelompok perempuan di desa secara kolektif bisa ikut terlibat mempengaruhi pengambilan keputusan dalam kebijakan strategis desa yang sesuai dengan kepentingan perempuan, jelas Ketua SPI Labuhanbatu.

Istuti Leili Lubis juga menambahkan bahwa Implementasi Undang - Undang Desa yang lahir pada tahun 2014 telah membawa dampak yang mendasar pada langkah pembangunan dan tata kelola di negeri ini. Ada banyak kajian yang mengkritisi aspek akuntabilitas dalam UU Desa ini, dan bagaimana UU ini mampu memfasilitasi apa yang dianggap prioritas bagi warga desa, jelasnya.

Menurut Ketua SPI Labuhanbatu bahwa SPI merupakan  sebuah organisasi masyarakat yang melakukan pemberdayaan perempuan desa dan advokasi pendampingan perempuan korban kekerasan, tegas Istuti Leili Lubis.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu Abdi Jaya Pohan menyampaikan bahwa Dinas PMD siap mendukung Perogram SPI Kabupaten Labuhanbatu dalam hal pemberdayaan perempuan dan juga melakukan pendampingan terhadap perempuan korban kekerasan, jelas Abdi Jaya Pohan 

Turut hadir menyaksikan penandatangan MoU tersebut  Fahmi Kabid PMD,  Dasril L. Tobing TA P3MD dan ibu Henny Rahayu Koordinator Program SPI Labuhanbatu.

TerPopuler