Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Dilakukan Virtual

Senin, 17 Agustus 2020, 10:38 WIB
Oleh Gugun Marpaung

Jakarta, Delinewstv - Untuk kali ini perayaan hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia pada tahun ini terasa berbeda. Saat ini, detik-detik upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI yang biasanya digelar secara fisik di Istana Merdeka kini dilakukan secara virtual.

Upaya ini dilakukan demi mencegah penularan virus Covid-19 serta mendukung protokol kesehatan tetap menjaga jarak yang biasa disebut social distancing.

Selanjutnya untuk dapat menyaksikan momen penuh khidmat tersebut, masyarakat Indonesia dapat mengunjungi kanal YouTube resmi Kemenkominfo.


Diiketahui acara tersebut akan dimulai pada pukul 10.00 WIB, sedangkan sesi pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih bakal berlangsung pada pukul 10.17 WIB.

Di saat momen tersebut, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia untuk menghentikan aktivitasnya sejenak selama tiga menit.

Adapun himbauan tersebut seperti yang tercantum dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara RI Nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020.

"Seluruh masyarakat Indonesia berdiri tegap saat pengumandangan lagu 'Indonesia Raya' secara serentak di berbagai lokasi hingga pelosok daerah," tulis Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Bukan hanya melalui kanal YouTube Kemenkominfo, upacara pengibaran bendera juga dapat disaksikan melalui video telekonferensi Zoom yang diselenggarakan oleh pihak Pandang Istana.


Masyarakat pun dihimbau untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada tautan berikut.
Diketahui sesi pendaftaran sudah dibuka sejak hari Senin, 10/8/2020. Meskipun demikian, Sekretariat Presiden hanya membatasi kuota sebanyak 17.845 undangan upacara virtual untuk masyarakat.

Bagi masyarakat yang tidak bisa mendaftar, prosesi upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dari Istana Merdeka juga bisa disaksikan secara live streaming di kanal YouTube Sekretariat Negara.




[red/kmps.com]

TerPopuler