Antonius Tumanggor Sosialisasikan Perda No 4 Tentang Retribusi Pelelangan.

Senin, 14 September 2020, 15:36 WIB
Oleh Amsari


Medan, Delinewstv -  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Antonius Devolis Tumanggor, S.Sos melakukan kegiatan Sosperda yang dilaksanakan di Jalan Jawa Gang Harapan No.9 Kelurahan Sei Sikambing C-II Kecamatan Medan Helvetia.

Pelaksanaan Sosperda Kota Medan Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Retribusi Tempat Pelelangan ini dihadiri langsung oleh Camat Medan Helvetia, Andi M Siregar, Lurah Sei Sikambing C-II, M.ASrul H.Angkat, S.STP, Hasdian, KTU UPT DinaS Pertanian dan Perikanan Medan, Dodi Asrizal, Kelapa UPT PPI dan para tamu undangan yang jumlahnya melebihi.


Dalam sambutan pembukanya, Antonius Tamanggor lebih mengedepankan kinerja dari pada teoritis. Sebab, dirinya menilai, saat ini masyarakat lebih memerlukan sesuatu yang bisa dijadikan sumber penghasilan maupun pemasukan ditengah pandemi COVID-19 yang terjadi sampai saat ini. 

"Menurut saya, saat ini masyarakat butuh makan dan kebutuhan lain untuk mampu bertahan ditengah dampak penurunan ekonomi akibat wabah Corona Virus Desease (COVID-19). Sehingga ini menjadi perhatian pemerintah pusat, dan melalui menteri menyalurkan banyak bantuan kepada masyarakat baik dalam bentuk pinjaman usaha, bantuan gratis bagi pengusaha mikro dan UMKM, hingga bantuan bibit pertanian dan bibit ikan," ucap politisi dari Partai NasDem Kota Medan ini.

Sementara itu, Camat Medan Helvetia, Andi M Siregar juga menambahkan bahwa dirinya sangat berterimakasih kepada Anggota DPRD Kota Medan, Antonius D Tumanggor yang sejak duduk menjadi anggota DPRD kota Medan, terus memberikan perhatiannya kepada kecamatan Medan Helvetia.
"Meskipun kita ketahui sendiri, beliau bukanlah warga Kecamatan Medan Helvetia melainkan warga Kecamatan Medan Barat, namun perhatiannya dan kepeduliannya terhadap pembangunan di daerah ini harus diacungkan jempol dan pantas diapresiasi," ujar Camat.


Diakui Camat selama ini banyak kegiatan Musrenbang kecamatan sampai Musrenbang tingkat Kota Medan mereka lakukan, namun belum tentu usulan dari kecamatan Medan Helvetia dapat terealisasi. "Itulah perlu adanya back up, agar saluran aspirasi kita dapat terealisasi," kata Andy sambil mengucapkan terimakasih kepada Antonius D Tumanggor. S.Sos.

Camat Medan Helvetia ini juga membeberkan rencana pekerjaan yang akan dilakukan di kecamatan Medan Helvetia yang akan dilaksanakan dengan anggaran PAPBD tahun 2020 antara lain:-Pembangunan Drainase-Pembetonan Drainase di Jalan  Kelambir V Gang Keluarga Kelurahan Tanjung Gusta, di Jalan Pembangunan Gg.Safari dan Gg Keluarga Kelurahan Helvetia Timur, Di jalan Melati 9 dan Melati 10 dan 11 kelurahan Helvetia Tengah, di Jalan Gaperta Ujung Gg.Mutiara, Gang Baru, Gg Pertama, dijalan Penampungan M/D Simpang Jalan Penampungan Kelurahan Helvetia Timur, di Jalan Melati Raya, kelurahan Helvetia, di Jalan Kapten Muslim Gang sadar  Kelurahan Dwikora, Dijalan Sidodadi Kelurahan Sei Sikambing C-II, Dijalan Gaperta X Kelurahan Helvetia Tengah, DiJalan Amal Luhur Kelurahan Dwikora, dan Dijalan Gaperta  Gg.Pribadi  dan Gang Kumis Kelurahan Helvetia Timur Kecamatan Medan Helvetia.

Camat Medan Helvetia juga membeberkan rencana pekerjaan pembangunan Drainase dan pembetona drainase di kelurahan Cinta Damai yakni Jalan Sempurna  s/d Jalan Bahagia kearah Jalan Pantai Barat  Kelurahan Cinta Damai, dan pengaspalan Jalan Mesjid, Jalan Karya kelurahan Cinta Damai kecamatan Medan Helvetia.

Mendengar informasi dari Camat Medan Helvetia yang dibacakan oleh Antonius D Tumanggor, para tamu undangan pun bertepuk tangan, ternyata sejak ada wakil rakyat seperti Antonius D Tumanggor, aspirasi mereka pun dapat tersampaikan.

selain informasi tentang pembangunan Jalan dan Drainase, pada kesempatan itu, Antonius D Tumanggor juga memberikan informasi holtikultura dan peternakan ikan secara gratis yang merupakan program dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan bagi warga masyarakat di Kota Medan yang memiliki lahan kosong.

Seperti yang disampaikan oleh Hadian, perwakilan dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan. Hadian menjelaskan, jika masyarakat ada memiliki lahan kosong di Kota Medan, dapat membuat permohonan kepada dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan, baik untuk beternak ikan, ayam, bebek maupun tanaman seperti durian, mangga, jangung, cabai termasuk juga tanaman hias.

"Silahkan Bapak dan Ibu sekalian, buatkan permohonanya boleh perorangan, maupun kelompok namun harus ada SK dari lurah atau Camat setempat, serta lahan harus berada di wilayah Kota Medan,"sebutnya.

Mendengar itu, warga pun bertepuk tangan, dan meminta agar dinas pertanian dan perikanan juga memberikan penyuluhan agar setiap tanaman dan peliharaan ikan bisa menghasilkan panen yang besar.

Menjawabnya, Kepala UPT PPI, Dodi Asrizal mengatakan siap melaksanakan penyuluhan tentang pengembangan tanaman dan ikan. " Kita sudah ada petugas penyuluhan yang terlatih dan bersertifikat yang siap kapan saja melakukan poenyukuhan bagi Bapak dan Ibu sekalian yang membutuhkan. Untuk diketahui, bahwa bibit ikan dan tanaman yang ada pada kita adalah sudah bibit unggul dan bersertifikat, sehingga tidak perlu diragukan kualitasnya,"terang Dodi.

Selanjutnya, Antonius pun berharap agar, masyarakat yang hadir pada acara Sosperdanya tersebut dapat memanfaatkan momen yang telah di informasikan baik dari perwakilan dinas Pertanian dan Perikanan dan pihak kecamatan. " Ada banyak bantuan dari pusat melalui kementerian koperasi dan UMKM maupun kementerian pertanian yang diberikan kepada masyarakat yang mana bertujuan untuk peningkatan pangan terutama di masa pandemi COVID-19 ini," ujar Antonius yang lebih sering disapa dengan sebutan ATR ini mengakhiri.

Reporter : Amsari

TerPopuler