Jaga Kesehatan Tubuh Dengan Air Putih, Ini Alasanya

Rabu, 30 September 2020, 01:03 WIB
Oleh Bern

 

Komponen yang terbesar mempengaruhi berat tubuh manusia adalah air. Sedikitnya 60% air yang dibutuhkan tubuh agar dapat berjalan sesuai fungsi. 

 

Air memiliki beberapa fungsi dalam tubuh seperti, mengatur suhu tubuh, menjaga kelembapan pada mulut, mata, dan hidung, menjaga organ tubuh dan jaringan, membantu mencegah terjadinya konstipasi, membantu melarutkan mineral dan nutrisi, menjadi pelumas sendi, mengeluarkan sisa produk metabolisme yang tidak berguna bagi tubuh, dan mendistribusikan nutrisi dan oksigen keda

 

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kebutuhan air setiap orang berbeda. Hal ini bergantung pada beberapa faktor seperti kondisi kesehatan, aktifitas yang dilakukan, dan lingkungan tempat tinggal.

 

Tidak ada cara perhitungan untuk mengetahui jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh. namun hal tersebut dapat diperkirakan berdasarkan jumlah kebutuhan air untuk tubuh.

 

Air merupakan komponen yang mempengaruhi 60% dari berat tubuh. setiap sistem dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berjalan sesuai fungsi. Berikut beberapa fungsi air pada tubuh :

·         Mengatur suhu tubuh

·         Menjaga kelembapan pada mulut, mata, dan hidung

·         Menjaga organ tubuh dan jaringan

·         Membantu mencegah terjadinya konstipasi

·         Membantu melarutkan mineral dan nutri lainnya agar dapat digunakan oleh tubuh

·         Menjadi pelumas sendi

·         Membantu mengurangi beban kerja ginjal dan hati untuk mengeluarkan sisa produk metabolisme yang tidak berguna bagi tubuh

·         Mendistribusikan nutrisi dan oksigen kedalam sel

 

Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi yang merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup air dalam tubuh. Dehidrasi ringan dapat menyebabkan kekurangan energi dan membuat tubuh kelelahan.

 

Penulis : Bernard

 

Reference : vivahealth.co.id, (2016) diakses 29 Sept 2020. Apakah Mamfaat Mengkomsumsi Air Putih?.

TerPopuler