Efek Kebiasaan Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer Terhadap Kesehatan

Rabu, 30 September 2020, 01:14 WIB
Oleh Bern

Kebiasaan Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer Terhadap Kesehatan
 

Komputer adalah bagian alat kerja yang sangat membantu, khususnya bagi pekerja kantoran.Dalam kehidupan sehari-hari, fungsi komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana kerja atau bisnis, sarana komunikasi, sarana hiburan, sarana pendidikan, sarana informasi, sarana usaha dan sarana control.

 

Komputer merupakan sebuah alat yang biasanya dipakai untuk mengolah sebuah data menurut rumus, perintah atau prosedur. Pengertian Komputer ini berawal dari sebuah penggambaran sebuah individu dengan beberapa pekerjaannya. Pekerjaannya tersebut seputar perhitungan aritmetika, yang memakai alat bantu tertentu. Dahulu, sejarah pengolahan informasi, tentu sangat erat kaitannya dengan kegiatan dan masalah aritmetika. Seiring berkembangnya zaman, otomatis fungsi aritmatika atau matematika, tidak selalu identik dengan fungsi komputer ini.

 

Bagi kamu para pekerja, terlalu lama di depan komputer tentu sudah menjadi hal yang biasa dan dibarengi duduk dalam waktu yang lama. Tetapi tanpa disadari kebiasaan itu justru memiliki dampak buruk bagi kesehatan lho. Yuk, simak ulasannya!

 

Duduk dalam waktu lama akan meningkatkan risiko penyakit serius. Terlebih kebiasaan susuk terlalu lama di depan komputer.

 

Kebiasaan duduk terlalu lama biasanya berpengaruh kepada postur tubuh. Gangguan ini biasanya akan muncul selama bertahun-tahun dengan melakukan hal yang sama.  

 

Pada umumnya gangguan yang dirasakan yaitu rasa sakit yang berlebihan pada leher dan bahu, tulang belakang juga akan terpengaruh karena tulang punggung terus menopang tubuh ketika kamu duduk terlalu lama.

 

Kebiasaan berlama-lama di depan komputer juga dapat mengurangi tingkat kejelasan melihat (penglihatan mulai kabur) dalam jarak pandang suatu benda yang agak jauh. Gangguan ini disebut Sindrom CVS (Computer Vision Syndrome). Biasanya terjadi akibat fokus dan gerak mata yang tertuju hanya pada satu arah. Dalam hal ini menatap layar komputer dalam jangka waktu yang lama yang dilakukan berulang-ulang dalam kurun waktu yang lama.

 

Gangguan ini diawali dengan perasaan mata tegang, sakit kepala berlebihan dan penglihatan mulai kabur.

 

Tidak hanya itu, kebiasaan terlalu lama duduk juga dapat meningkatkan serangan jantung dan penyakit kelainan jantung lainnya. Sebab terlambatnya prosses metabolisme tubuh, yakni terganggunya aliran darah karena mengalir secara perlahan, sehingga otot tidak dapat membantu untuk membakar kalori di dalam tubuh.    

 

Akibatnya lemak akan menyumbat bagian otot dan pembuluh darah, sehingga jumlah lemak dalam pembuluh darah bisa membawa serangan jantung.  

 

Pria atau wanita yang duduk lebih dari 10 jam per hari akan memiliki risiko tinggi terkena serangan jantung. Jadi, sangat disarankan sebaiknya kamu menghindari atau mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung dengan bergerak dari kursi setidaknya 30 menit per hari ya.

 

Jangan terkejut, jika kebiasaan duduk terlalu lama akan membuat tubuh mati rasa, akibat terganggunya sistem saraf dan membuat kondisi yang tidak nyaman, akibatnay membawa masalah bagi kesehatan dalam jangka waktu yang lama.

 

Namun jangan khawatir, kamu dapat mencegahnya dengan minum cukup air karena itu akan membuat kamu buang air kecil dan berjalan ke toilet. Berdiri setiap 30 menit juga dianjurkan untuk mencegah penyakit yang disebabkan karena duduk terlalu lama.

 

Menurut hasil dari penelitian, duduk terlalu lama akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara, leher rahim dan usus. Risiko terkena kanker ini lebih tinggi karena tubuh tidak terlalu aktif sehingga mengurangi kemampuan antioksidan.

 

Rendahnya produksi insulin dan pertumbuhan sel tidak sehat yang lebih cepat juga dan menjadi faktor yang memicu kanker. Karena itu, menggerakkan tubuh kamu dari kursi sedikit diperlukan untuk memulihkan kondisi tubuh untuk melawan kanker.

 

Namun jangan khawatir, berikut kiat pencegahannya yakni:

 

1. Istirahatkan mata

Saat kamu duduk lama di depan komputer, mata cenderung akan berkedip lebih sedikit dari biasanya yaitu dua hingga tiga kali saja. Tentu saja keadaan tersebut akan membuat mata menjadi kering.

 

Padahal ketika kamu lebih sering berkedip, hal itu sangat bagus untuk kesehatan mata karena membuat air mata membasahi seluruh bagian indera penglihatan. Maka dari itu, usahakan untuk pejamkan mata selama beberapa saat ketika kamu sudah merasa lelah.

 

2. Pantulan cahaya komputer

Salah satu faktor lainnya yang membuat mata menjadi cepat lelah karena pantulan cahaya dari komputer. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk mengatur pencahayaan yang dirasa aman bagi mata ya.

 

3. Letak komputer

Kamu juga sebaiknya mulai menata dengan benar, posisi duduk dan komputer. Posisi terbaik komputer yaitu sekitar 50-70 cm dari wajah. Hal tersebut bertujuan agar kamu bisa meregangkan leher dan mata supaya tidak terlalu tegang.

 

Penulis : Bernard

 

Reference :

·         navalcf.org, pos Faridah Hanum  (2003) diakses 29 Sept 2020. Pengertian Komputer, Fungsi dan Kegunaannya.

·         gooddoctor.co.id, pos Arianti K (2020) diakses 29 Sept 2020. Saat WFH Pandemi COVID-19, Waspadai Bahaya Terlalu Lama di Depan Komputer bagi Kesehatan.

TerPopuler