Luar Biasa..!! Diduga Manager Unit Gunung Para PTPN III, Menyewa Preman Menghambat Peran dan Fungsi Pers

Senin, 21 September 2020, 09:52 WIB
Oleh Bern

Diduga Manager Unit Gunung Para PTPN III,  Menyewa Preman

Simalungun, Delinewstv.com – Diduga Unit Perusahaan PTPN III yang berada di Jalan Perintis Pendidikan Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara melakukan aksi premanisme dengan menggunakan jasa preman terhadap awak media, Sabtu (19/09/2020).

 

Perlakuan tersebut terjadi pada saat awak media Crew Delinews Network inisial TA dan SN melakukan Investigasi ke lapangan yaitu Afdeling VI, di karenakan ada temuan di Afdeling tersebut lalu, selanjutnya awak media pun bergegas menuju Kantor Unit PTPN III Gunung Para untuk melakukan konfirmasi. Setiba di depan kantor sekira pukul 15:37 WIB,  awak media langsung dihadang di duga preman dan gerbang langsung di tutup rapat .

 

Belum sempat awak crew Delinews Network melakukan tugas jurnalistiknya untuk mengkonfirmasi, beberapa para preman tersebut berkata,”APA KAU”. Dikarenakan tidak ada kepentingan preman untuk dikonfirmasi, awak crew Delenews Network putar haluan beranjak dari depan kantor PTPN III tersebut.

 

Redaksi Delinews Network sangat menyayangkan terkait tindakan PTPN III tersebut yang menghalangi tugas jurnalistik wartawan di duga dengan menggunakan jasa preman. Hal tersebut bertentangan dengan UUD Pers No 40 Tahun 1999 yang telah melakukan tugas jurnalistiknya sesuai kode etik jurnalis sebagai profesi wartawan.   

 

Redaksi juga menyesalkan sikap PTPN III yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diduga unit management menggunakan jasa preman untuk menghalangi tugas profesi wartawan yang mana Media Massa merupakan sub sistem dari sistem sosial di Indonesia. Sebagai sosial kontrol, peran Pers dan fungsinya dalam iklim demokrasi pada saat ini Pers adalah pilar ke-4 demokrasi setelah lembaga Eksekutif (Pemerintah), Legislatif (DPR/Parlemen) dan Yudikatif (Lembaga Hukum).

 

Layaklah unit Management PTPN III Gunung Para yang berada di Dolok Merawan Kab. Serdang Bedagai ini mendapat evaluasi dari Pimpinan PTPN III Pusat.(Tim Redaksi)

TerPopuler