117 Pendemo di Medan Diamankan, Tiga Diduga Reaktif Covid-19

Kamis, 08 Oktober 2020, 20:43 WIB
Oleh Bern

 

Aksi Demo di Medan
Foto : Aksi demo di Medan

Medan, Delinewstv – Aksi demo ribuan buruh, mahasiswa dan pelajar yang tergabung menolak Omnibus Law UU Cipta LapanganKerja di depan gedung DPRD Sumut dan DPRD Medan berlangsung hingga Kamis (8/10/2020) malam.

 

Pantauan di lokasi, aksi yang dimulai sekira pukul 11:00 WIB itu berlangsung ricuh. Tujuh personel kepolisian terluka akibat pelemparan yang terjadi pada aksi demo tersebut. Tidak hanya itu, sejumlah kaca perkantoranpun hancur dan kerusakan lainnya.

 

Namun pihak kepolisian berhasil menangkap 177 demonstran yang diduga melakukan kekerasan dalam aksi itu. Tidak hanya menangkap, 177 demonstran itu bahkan harus menjalani tes urine dan sejumlah tes lainnya.

 

"Hasilnya, tiga demonstran diduga reaktif Covid-19. Akan ada pemeriksaan kesehatan lebih lanjut kepada tiga demonstran itu," ujar Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko, kepada para wartawan.

 

Ia tidak mengungkapkan lebih jauh identitas 177 demonstran yang ditangkap, termasuk tiga orang yang diduga reaktif Covid-19, apakah berasal dari unsur buruh, mahasiswa, atau pelajar.

 

Namun ia memastikan akan ada tracing atau penelusuran jejak atas tiga demonstran yang diduga reaktif Covid-19 guna mengetahui asal-usul sumber penularan pandemi itu.

 

Selain itu, pihaknya menduga aksi itu diboncengi pihak tertentu yang belum bisa diungkap. Hal ini, kata Kapolrestabes, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara terhadap sejumlah demonstran yang menggunakan jaket almamater kampus tertentu.

 

"Ternyata dalam pemeriksaan awal, terbukti ada demonstran yang menggunakan jaket almamater kampus tertentu, namun mereka sama sekali bukan mahasiswa," kata Kapolrestabes. Pihaknya akan menelusuri lebih lanjut kasus ini.(Bern)

 

Editing : Bern

TerPopuler