iPhone VS Android. Kamu Pilih Mana?

Kamis, 15 Oktober 2020, 13:10 WIB
Oleh Bern
iPhone VS Android. Kamu Pilih Mana?    


Bicara Andorid dan iPhone tentunya memiliki masing-masing karakter yang menjadi minat konsumen. Di era teknologi berbasis during (internet) produk tersebut menjadi buruan konsumen. Mulai dari spek hingga gengsi.

 

Umumnya, pengguna Iphone tak lain adalah orang yang membeli produk demi gengsi, bukan fungsi. Harganya yang mahal dan spek yang "ketinggalan zaman" adalah sejumlah poin yang biasanya muncul pada argumen-argumen di media sosial.

 

Sebaliknya, pengguna iphone selalu mengunggulkan user experience, kesederhanaan operasi, hasil kamera yang riil, dan minimnya keluhan saat menggunakan iPhone dibandingkan Android.

 

Apa Itu Android

 

Android (an-droyd) adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.

 

Pada November 2013, Android menguasai pangsa pasar telepon pintar global, yang dipimpin oleh produk-produk Samsung, dengan persentase 64% pada bulan Maret 2013. Pada Juli 2013, terdapat 11.868 perangkat Android berbeda dengan beragam versi. Keberhasilan sistem operasi ini juga menjadikannya sebagai target ligitasi paten "perang telepon pintar" antar perusahaan-perusahaan teknologi. Hingga bulan Mei 2013, total 900 juta perangkat Android telah diaktifkan di seluruh dunia, dan 48 miliar aplikasi telah dipasang dari Google Play

 

Sejarah dan Masa Depan Perkembangan Handphone Berbasis Android di Indonesia

 

Kehadiran handphone berbasis Android secara resmi di Indonesia adalah pada bulan Juni 2009 ketika HTC meluncurkan HTC Magic-nya di Indonesia yang dibundling dengan Telkomsel. Handphone tersebut dijual dengan harga yang cukup mahal saat itu, sekitar Rp. 6,5 juta. Beberapa bulan berikutnya tepatnya pada November 2009, IMO (sebuah vendor handphone lokal), merilis handphone lokal pertama yang berbasis Android, IMO S900 dengan harga Rp 2,4 juta yang masih relatif murah dibanding handphone-handphone Android yang tersedia saat itu di Indonesia.

 

Untuk vendor lokal sendiri, seputar pertengahan tahun 2010 beberapa handphone Android dengan harga yang relatif murah mereka luncurkan seperti Nexian Journey, IMO X2, Indosat Wiigo, serta lainnya.

 

 


Generasi Pertama iPhone

 

Generasi pertama iPhone 2G  dirilis pada Januari 2007. Produk dari Apple ini hanya dipasarkan bagi pengguna smartphone di Amerika Serikat saja dalam jumlah terbatas. Di mana hanya pelanggan operator seluler AT&T saja yang bisa menggunakan produk Apple terbaru ini. Meski begitu, pada akhir tahun 2007 jumlah iPhone 2G yang terjual di pasaran sudah mencapai angka 1.4 juga lebih.

 

Dikutip dari majalah Time, iPhone 2G memang menjadi smartphone pertama yang hadir dengan layar sentuh berukuran besar. Hal ini tentu sangat berbeda dengan kebanyakan ponsel saat itu yang masih menggunakan papan ketik. Dukungan dari jaringan 2G pada produk generasi pertama iPhone juga menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki smartphone ini.

 

Setelah sukses mengenalkan produk iPhone generasi pertama di Amerika, Apple kemudian memutuskan untuk merilis iPhone 2G tersebut ke Eropa pada akhir tahun 2007. Tidak berselang lama, pada tahun 2008 Apple sudah bisa digunakan oleh beberapa negara di Asia. Di tahun yang sama juga, Apple mulai merilis App Store secara online. App Store inilah yang memungkinkan para pengguna Apple untuk bisa mengunduh beragam aplikasi sesuai kebutuhan mereka. Setelah mengetahui awal kemunculan iPhone, intip perkembangan iPhone dari tahun ke tahun berikut.

 

Ada fakta menarik seputar perseteruan tak berujung ini. Pada tahun 2018, firma riset independen Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) melaporkan sebanyak 15-20 persen pembeli iPhone merupakan eks pengguna perangkat Android. Bagaimana fenomena yang terjadi sekarang?. Tentu, terlepas dari perseteruan dan adu jumlah pengguna Android dan iPhone, masing-masing produk ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

 

Karakter iPhone VS Android 

Kelebihan dan Kelemahan iPhone Secara Umum

 

1. Desain Lebih Baik

iPhone memiliki ciri khas karakter desain tersendiri. Dengan tampilan yang konsisten, tidak sulit untuk mengenali iPhone dari jarak jauh. Mengutamakan kualitas produksi, sehingga jarang ditemukan cacat produksi pada produk iPhone.  

 

Peluncuran iPhone X sempat menjadi trend setter sebagai hp berlayar poni pertama di dunia, semua hp Android ikut berbondong-bondong mengikuti tren tersebut.  

  

2.Performa Lebih Tinggi

Chipset besutan Apple untuk iPhone selalu jadi yang terbaik dibanding chipset atau processor hp Android. Bahkan Chipset terbaru Apple yaitu Apple A12 Bionic mampu mengungguli processor Snapdragon 845 yang biasanya dipakai di hp Android kelas flagship. Chip Apple selalu menghantarkan iPhone menjadi rajanya hp terkencang selama beberapa tahun ini. Ketangguhan Chipset buatan Apple terbukti dari performa iPhone lawas yang gak gampang lemot meski sudah dipakai bertahun-tahun.



3. Hasil Kamera iPhone Lebih Baik

Tidak bisa dipungkiri, salah satu kelebihan iPhone ada di sektor kameranya. Kamera adalah salah satu faktor yang paling diperhatikan Apple saat membuat iPhone. Karena kamera mendapat porsi perhatian yang cukup besar dari produsen, maka dari itu kualitas jepretan kamera iPhone selalu jadi salah satu yang terbaik. Bahkan menariknya walau di atas kertas spesifikasi kamera Android lebih tinggi, namun ketika disandingkan dengan kamera iPhone tetap terasa kurang sempurna.

 

4. Punya Koleksi Aplikasi Ter-Up to Date

Walaupun jumlah pengguna iPhone tidak sebanyak Android, namun para pengembang atau developer biasanya lebih suka merilis versi terbaru aplikasi untuk pengguna iPhone lebih dulu. Salah satu alasannya adalah karena pendapatan aplikasi di AppStore lebih baik ketimbang di Play Store milik Android. Selain itu, alasan kenapa aplikasi lebih cepat update di App Store adalah karena pengembang lebih mudah mengatur tampilan aplikasi karena variasi ukuran layar iPhone lebih sedikit ketimbang Android. Kelebihan iPhone inilah yang membuat pengguna iPhone betah

 

5. Lebih Aman

Instal aplikasi di hp Android jauh lebih mudah dibanding iPhone. Walau lebih mudah, namun justru hal tersebut malah merugikan pengguna hp itu sendiri. Karena bisa instal aplikasi tanpa Play Store, pengguna hp Android lebih rentan terkena serangan virus dan malware. Hal ini berbeda jauh dengan iPhone. Kelebihan iPhone yang cukup mencolok adalah dari segi keamanannya. Untuk memasang aplikasi di iPhone hanya bisa melalui App Store. Sistem download aplikasi satu pintu ini juga didukung oleh pengawasan yang dilakukan terus menerus untuk mencegah masuknya aplikasi yang mengandung virus atau malware.

 

6. Layanan Purna Jual Lengkap Terpercaya

Jika iPhone kamu rusak, kamu tak perlu pusing memperbaikinya. Layanan service center atau purna jual Apple di Indonesia sudah cukup banyak tersebar di beberapa kota. Jadi untuk memperbaiki iPhone yang rusak kamu tak perlu pusing mencari pusat service terpercaya. Karena pusat servis produk Apple bersifat resmi, kamu bisa lebih tenang karena jika ada sparepart yang harus diganti, kamu tak perlu khawatir diganti oleh spare part bekas yang tak karuan kualitasnya.

 

7. Harga Jual iPhone Bekas Cukup Tinggi

Jangan buang iPhone lama kamu jika kondisinya masih mulus. Karena harga jual iPhone masih cukup tinggi meski kondisinya bekas atau second. Apalagi jika kondisi iPhone masih mulus dan tidak ada cacat sama sekali, harga jualnya bisa lebih tinggi dibanding harga iPhone bekas lain di pasaran. Selain itu, jika kondisi iPhone masih mulus, pembeli rela membelinya dengan harga mahal karena banyak orang yang percaya performa iPhone masih tetap bagus meski kondisinya sudah bekas.

 

8. Update Software Cepat dan Merata

Inilah salah satu kelebihan iPhone sangat disukai banyak orang. Untuk sebuah hp pintar atau smartphone, update sistem operasi sangat diperlukan. Melalui update sistem operasi, pengguna hp bisa menikmati fitur baru dan keamanan yang lebih baik. iPhone selalu rutin menggulirkan update ke sistem operasinya tidak hanya untuk tipe hp terbaru, namun juga untuk iPhone lawas sekalipun. Dengan begini, walaupun kamu memiliki iPhone yang keluar 2 atau 3 tahun lalu, kamu tetap bisa mencicipi fitur terbaru dari sistem operasi iOS andalan iPhone.

 

Membahas dari kelemahan, iPhone memiliki harga yang cukup mahall. Penyebab harga iPhone sendiri adalah karena brand image yang menginginkan produk ini ditempatkan sebagai produk kelas premium. Selain itu, biaya iklan dan riset serta pengembangan jadi alasan kenapa iPhone mahal.

 

iPhone tidak memiliki slot eksternal. Sehingga kapasitas penyimpanan internal iPhone yang terkenal kecil.

 

Dari segi tampilan antarmuka sistem operasi iOS pada iPhone cenderung monoton. Pengguna iPhone tidak bisa dengan bebas mengutak atik tampilan UI iPhone seperti di Android. Buat sebagian orang mungkin hal ini bukan jadi masalah, namun tetap saja karena banyak hal yang dibatasi, kamu jadi tidak bisa mengkustomisasi iPhone sesuai gaya dan kepribadianmu.

 

Kapasitas baterai kerap menjadi permasalahan iPhone. Bayangkan saja tipe iPhone tertinggi saat ini yaitu iPhone X saja hanya dibekali baterai 3174 mAh. Kapasitas baterai yang kecil tentu menyulitkan Anda yang punya intensitas tinggi saat menggunakan hp. Kapasitas baterai yang kecil juga membuat kamu sulit lepas dari charger hp. 

 


Kelebihan dan Kelemahan Andorid Secara Umum

 

Berbeda dengan iPhone. Android memiliki kelebihan dengan menggunakan Sistem Operasi Open Source (OS) secara gratis.

 

Harga beli Andorid diperngaruhi dengan spesifikasinya. Semakin tinggi spesifikasi samartphone andorid tersebut, maka semakin tinggi harga belinya. Tetapi ada juga terbilang harga yang cukup terjangkau.

 

Memiliki ribuan aplikasi yang didukung oleh Play Store sesuai kebutuhan pengguna. Hal ini dikeranakan Android merupakan sistem operasi Open Source. Untuk kepuasan pengguna android, pengembang pun diizinkan untuk mengembangkan aplikasi berbasis source code dari Android.

 

Smartphone android sangat mudah dimodifikasi. Banyak komponen yang bisa Anda atur ulang atau dimodifikasi, mulai dari ROM  hinga custom overclock pada sistem operasi. Hal ini bisa berpengaruh terhadap performa ponsel pintar berbasis Android agar bisa bekerja lebih cepat dan sesuai dengan keinginan.

 

Dengan berbagai dukungan untuk kepuasan pengguna android, tentunya smartphone ini memiliki kelemahan-kelemahan seperti :

 

1. Kerja sistemnya cukup berat

Hal ini menyebabkan banyak memori yang dibutuhkan, baik RAM maupun ROM. Bagi smartphone yang memiliki RAM dan ROM berkapasitas kecil, tentu ini akan menghambat performanya.

 

2. Hasil modifikasi sering menyebabkan sistem bekerja tidak stabil dan kurang optimal. Adakalanya hasil modifikasi mengakibatkan OS menjadi sedikit lelet dan kurang responsif. Nantinya, bisa berpengaruh pada hardware sehingga menjadi cepat panas dan kapasitas memori lebih mudah bocor.

 

3. Kurang responsif jika disandingkan dengan spesifikasi hardware yang tidak baik

Hal ini terjadi ketika kapasitas penyimpanan ram atau kecepatan processor yang digunakan rendah.

 

Sejak tahun 2009, Android dikembangkan dengan penamaan yang berasal dari makanan pencuci mulut. Setiap perubahan versi juga mengikuti urutan abjad mulai dari A b c d e dan seterusnya.

 

Nah, bagi kamu netizen Delinews Network, tinggal pilih. Masing-masing produk iPhone dan Andorid memiliki kelebihan dan kelemahannya, sehingga kami dapat membantu netizen mempertimbangkan memilikinya.

 

Dirilis : Bernard M, Oct,15,2020

 

Reference :

. hpsultan.com. Stephen (July 25, 2019). Diakses 15 Oktober 2020. Kelebihan iPhone dan Kekurangannya dibanding Hp Android

. accesstrade.co.id.(22 Sept 2020). Diakses 15 Oktober 2020. Mengintip Sejarah iPhone dan Perkembangannya dari Tahun Ke Tahun

. salamadian.com. Putra (Okt  23, 2019). Diakses 15 Oktober 2020. PENGERTIAN ANDROID: Sejarah, Kelebihan & Versi Sistem Operasi Android OS

TerPopuler