Pemko Medan Setuju KPU Medan Rekrut 38.000 Petugas KPPS.

Rabu, 07 Oktober 2020, 22:29 WIB
Oleh Amsari


Medan, Delinewstv - Penjabat  sementara (Pjs) Wali Kota Medan Ir. Arief Sudarto Trinugroho MT,  menerima kunjungan para Komisioner KPU Kota Medan di Balai Kota Medan, Rabu (7/10/2020). Selain bersilaturahmi, kedatangan komisioner juga untuk melaporkan tahapan-tahapan  Pilkada Kota Medan 2020 yang telah dilakukan. Di samping itu, KPU juga minta dukungan Pemko Medan terkait rekrutmen calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang berjumlah sekitar 38.000 orang.

Kedatangan para Komisioner KPU yang berjumlah tiga orang tersebut, dipimpin lansung oleh Agusyah Ramadani Damanik selaku Ketua KPU Kota Medan. Dalam pertemuan ini, Pjs Wali Kota juga didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kota Medan Sulaiman Harahap, Kadis Kesehatan Edwin Effendi serta Kabag Tata Pemerintahan Setdako Medan Ridho.

Dikatakan Agusyah, tahapan kampanye telah dimulai sejak 26 September hingga 5 Desember mendatang. "Tahapan-tahapan Pilkada Wali Kota Medan 2020 yang telah kami kerjakan perlu dilaporkan karena dana yang digunakan bersumber dari APBD Kota Medan. Selain tahapan masa kampanye, kami juga tengah dalam proses rekrutmen anggota PPKS yang berjumlah sekitar 38.000 orang. Rekrutmen calon anggota KPPS telah dibuka sejak kemarin (7/10) sampai 13 Oktober mendatang,” jelas Agusyah seraya mengharapkan dukungan penuh Pemko Medan.

Sebab, salah satu persyaratan untuk bisa mengikuti seleksi harus memiliki surat kesehatan.  Lantaran petugas KPPS yang direkrut sebanyak 38.000 orang, tentunya para calon yang  akan mengikuti akan mengikuti pemeriksaan kesehatan di seluruh puskemas di Kota Medan guna mendapatkan surat kesehatan.

Pjs Wali Kota Medan Ir. Arief Sudarto Trinugroho MT mengatakan, bahwa Pemko Medan akan mendukung penuh rencana tersebut. Sehingga Pilkada Kota Medan 2020 dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Apalagi pelaksanaan pilkada kali ini berbeda dari pilkada sebelumnya karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Itu sebabnya Pjs Wali Kota berpesan agar jangan sampai terjadinya kluster baru Covid-19 setelah digelarnya pilkada. Sebab, Pemko Medan kata Pjs Wali Kota, terus berupaya keras agar Medan keluar dari zona merah. "Yang rawan saya lihat ketika masyarakat datang ke TPS dan menumpuk untuk menunggu giliran mencoblos. Saya minta KPU dapat mengatasinya dengan baik,” jelas Pjs Wali kota.

Reporter : Amsari

TerPopuler