Sempat Kejar-kejaran, Mantan Kabagum Pemkab Tobasa Berhasil Ditaklukkan Tim Inteligen Kejatisu

Selasa, 13 Oktober 2020, 16:37 WIB
Oleh Bern

Sempat Kejar-kejaran, Mantan Kabagum Pemkab Tobasa Berhasil Ditaklukkan Tim Inteligen Kejatisu

  

DELINEWSTV │ Sumut –  Sempat kejar-kejaran, mantan Kepala Bagian Umum Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Pemkab Tobasa), Erwin Panggabean akhirnya berhasil ditaklukkan Tim Inteligen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara di salah satu ruko di Jalan Rawe Martubung, Medan Labuhan, Sumatera Utara.

 

Erwin ditangkap terkait kasus tindak pidana korupsi kegiatan pengadaan dan pensertifikatan tanah, dalam program penataan, penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah pada sekertariat daerah (Setda) Pemkab Tobasa.

 

“Terpidana Erwin Panggabean tersangkut masalah korupsi pelaksanaan kegiatan dimaksud, tidak sesuai dengan Peraturan Menteri No. 13 tahun 2006. Dan sesuai dengan hasil pemeriksaan inspektorat, ditemukan adanya penyimpangan penggunaan anggaran yang merugikan keuangan negara, “sebut Plt Kepala Kejatisu, Aditya Warman didampingi Asintel Kejatisu, Dwi Setyo Budi Utomo dan Kasi Penkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian, Senin (12/10/2020).

 

Masih kata Aditya, ”Terpidana Erwin Panggabean ditangkap di salah satu Pertokoan Bengkel Doli Jalan Rawe Utama Martubung, Medan Labuhan. Terpidana mencoba Kabur atau melarikan diri ke lantai 3 ruko, namun berhasil ditangkap petugas yang sudah mengintainya, ”sambungnya.

 

Dalam penanganan perkara dari Pengadilan Negeri (PN) hingga kasasi Mahkamah Agung (MA), terpidana Erwin Panggabean sudah mengembalikan kerugian keuangan negara Rp 740 juta, dan denda 50 juta.

 

Terpidana pada awalnya dituntut 1 tahun penjara, kemudian banding menjadi 3 tahun penjara. Terpidana kasasi ke MA, dan dijatuhi hukuman 1 tahun penjara.

 

Atas putusan itu, terpidana Erwin sempat berstartus DPO Kejari Tobasa selama 3 tahun. ” Setelah ditangkap tim intelijen Kejatisu, terpidana akan diserahkan ke Kejari Tobasa untuk menjalani hukuman,” pungkas Aditya Warman.(Bernard)

 

Editing : Bern

TerPopuler