Si ”Janda Bolong” Semakin Diburu, Simak Keistimewaannya.

Sabtu, 03 Oktober 2020, 17:19 WIB
Oleh Bern

 

Janda bolong, sebutan akrabnya. Belum diketahui asal muasal sebutannya penyebutan tersebut. Sebutan ini juga bersamaan dengan lidah mertua pada sensivieria.

 

Dihimpun dari berbagai artikel, janda bolong tergolong dalam keluarga Monstera, yang konon katanya berasal dari hutan-hutan yang ada di wilayah Amerika Latin, seperti Meksiko dan Guatemala.

 

Keluarga Monstera memiliki 7 turunan yakni, Monstera Deliciosa, Monstera Adansonii, Monstera Borsigiana, Monstera Obliqua, Monstera Variegata, Monstera Dubia dan Monstera Siltepecana, yang masing-masing memiliki karakter tersendiri.   

 

Janda bolong atau monstera merupakan jenis tanaman rambat yang dapat tumbuh pesat secara vertikal. Akar-akar yang tumbuh di sekitar batangnya juga memungkinkan monstera untuk bertumpu pada pohon dan medium lain. Ia bisa numpang bersandar di batang tanaman tanpa menjadi parasit.

 

Berikut karakteristik masing-masing turunan Monstera, yakni

Monstera Deliciosa
 

1.Monstera Deliciosa. Permukaan daunnya berlubang dan menjari di bagian pinggirnya. Tak lupa, ukuran daun yang besar dan hampir menyerupai bentuk hati juga menjadi ciri khas dari jenis tanaman hias monstera ini.

 

Jenis monstera ini dapat tetap hidup di dalam ruangan dengan temperatur suhu 20-30 derajat celcius. Model daunnya yang sangat unik akan membuat tampilan rumahmu jadi lebih menarik sekaligus asri.

Monstera Adansonii
 

2.Monstera Adansonii. Lubang-lubang pada daun hanya di bagian permukaan tengahnya saja. Jadi, tidak sampai sobek yang membentuk jari-jari di pinggir daun. Ukuran daun monstera ini pun lebih kecil dengan warna hijau tua dan muda yang bergradasi sehingga terlihat sangat menawan. Jenis ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman gantung yang menjuntai dan memiliki sifat merambat.

Mosntera Borsigiana
 

3.Monstera Borsigiana. Bentuk peremukaan daunnya mirip dengan Monstera Deliciosa. Hanya saja, ukuran daun jenis monstera borsigiana lebih kecil dan lubang-lubangnya lebih berjarak sehingga terlihat simpel.

 

Batang tanaman monstera jenis ini cenderung lebih lunak sehingga monstera ini akan tumbuh menjuntai. Dengan demikian, kamu pun bisa menghiasi teras atau balkon rumah dengan menggantungkan monstera borsigiana yang cantik ini.  

Monstera Obliqua
 

4.Monstera Obliqua. Jenis ini sangat langka dan sulit ditemui.Ciri-ciri jenis monstera ini adalah memiliki ukuran daun yang kecil dengan motif lubang besar di permukaannya. Selain itu, helai daun monstera obliqua juga lebih tipis dibandingkan jenis lainnya.

 

Jenis ini sangat cocok dijadikan tanaman hias di atas meja konsul ataupun meja ruang tamu. Tetapi kelemahan daun jenis ini sangat tipis dan mudah sobek jika terkena sesuatu benda.

Monstera Variegata
 

5.Monstera Variegata. Jenis ini juga sangat langka dan jarang ditemui dijual di pasar, sebab memiliki harga jual yang sangat tinggi (mahal) dibanding jenis Monstera lainnya.

 

Keunikan warna daunnya hijau dan putih kekuningan yang tidak beraturan anatara helai daun yang satu sama lainnya, dan memiliki ukuran lebih kecil dari Monstera Deliciosa.

Monstera Dubia
 

6.Monstera Dubia. Jenis ini berbeda dengan jenis kelas turunan Monstera lainnya, sebab helai daun tidak berlubang, berukuran helai daun yang kecil cendrung bundar dan mengerucut pada salah satu ujungnya.

 

Tulang daun yang tampak di permukaan helain daun menciptakan motif alami yang indah dan perpaduan warna hijau dan putih, sehingga tak diragukan sebagai tanaman hias.

Monstera Siltepecana
 

7.Monstera Siltepecana. Karakternya hampir mirip dengan Monstera Dubia, hanya saja Monstera Siltepecana lebih memanjang sehingga menyerupai oval yang ujungnya mengerucut.

 

Jenis monstera ini sering juga disebut silver monstera karena bagian tengah daunnya berwarna perak. Sementara, tulang dan pinggiran daun monstera ini tetap berwarna hijau. Terakhir, jenis monstera siltepecana ini dapat tumbuh merambat.

 

Janda bolong memiliki harga selangiit, bahkan mencapai seratus juta per potnya. Harga yang sangat fantastik.

 

Janda bolong menjadi terkenal akibat efek viral di media sosial. Membuat animo masyarakat makin tinggi untuk mengetahuinya dan membeli tanaman hias ini.

 

Sejumlah Website pun menjadikan peluang usaha untuk menjual secara online.

 

Agitasi di media sosial dan sejumlah situs website mempromokan,’belum keren dan berkarisma apabila apabila belum dilengkapi dengan si janda bolong ini. Itulah sebabnya, banyak orang mengikuti trend dengan terus berburu tanaman hias yang satu ini.

 

Saat ini, monstera disebutkan banyak dipakai sebagai dekorasi pelengkap pada beberapa konsep interior, seperti gaya rumah minimalis dan gaya Skandinavia.(Bernard)

 

Reference : 

Dekoruma.com, Kania Dekoruma (2020). diakses 03 Oktober 2020. Pengertian Komputer, Fungsi dan Kegunaannya. Si ”Janda Bolong” Semakin Diburu, Simak Keistimewaannya.

TerPopuler