Fraksi NasDem Menerima dan Menyetujui Ranperda Tentang Kearsipan Kota Medan.

Fraksi NasDem Menerima dan Menetujui Ranperda Tentang Kearsipan Kota Medan.

Medan, DELINEWSTV – Menjelang akhir tahun, DPRD Kota Medan kembali melaksanakan Sidang Paripurna guna mendengar pandangan Fraksi-fraksi atas Rancangan Perencanaan Daerah Kota Medan Tentang Kearsipan Kota Medan, selasa (1/12/2021).

Paripurna Ranperda Kearsipan ini dibuka oleh Ketua DPRD Medan Hasyim, SE dan dihadiri, Pjs Walikota Medan Arief Sudarto Trinugroho, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Plt. Sekwan DPRD Medan Hj. Alida dan segenap Anggota DPRD Medan, baik yang hadir langsung di Ruang Paripurna, maupun yang mengikutinya secara daring (virtual) .

Penyelenggaraan arsip harus bisa menunjang dan refrensif, bernilai guna bagi masyarakat kedepannya.
Untuk mencapai tujuan itu perlu payung hukum, agar bisa berguna untuk kemakmuran masyarakat Kota Medan.

“Karena arsip harus memiliki fungsi yang kuat, seperti tertuang dalam UU No. 43 pasal 6 ayat 3, yang menyatakan bahwa, penyelenggaraan Kearsipan menjadi tanggung jawab pemerintah Kabupaten/Kota itu sendiri,” kata Afif Abdillah saat membacakan Laporan pandangan Fraksi NasDem Kota Medan.

Untuk itu, sambung Ketua Fraksi NasDem DPRD Medan ini, Pemko Medan harus melakukan pembinaan Kearsipan terhadap pencipta arsip dilingkungan Daerah Kabupaten/Kota.

Dengan ditetapkannya Ranperda Kearsipan ini, Pemko Medan harus menjadi contoh oleh daerah lain atas Kearsipan.
“Sebagaimana tertuang dalam peraturan pemerintah No. 28 Tahun 2012,” Jelasnya.

Untuk itu, lanjut Afif, Fraksi NasDem mendukung penuh Ranperda Peraturan Daerah Tentang Kearsipan. “Sebab, arsip merupakan bukti yang autentik, dan bisa digunakan sebagai bukti-bukti yang kuat oleh Pemerintah daerah. Untuk itu, Arsip harus dikelola dengan baik oleh Pemerintah Daerah Kota Medan,” paparnya mengakhiri

Reporter : Amsari