Gubernur Lampung Hadiri Pelepasan Ekspor Kopi Nescafe ke Pasar Global, Berikut Himbauannya

Gubernur Lampung hadiri pengeksporan kopi nescafe

DELINEWSTV | Bandar Lampung – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, menghadiri acara pelepasan ekspor produk kopi Nescafe ke Pasar Global sekaligus penyerahan penghargaan kepada para petani binaan PT Nestle Indonesia bersama Presiden Joko Widodo dan Menteri Perdagangan (Virtual Meeting). Acara ini dilaksanakan di PT Nestle Indonesia, Kecamatan Panjang, Jum’at, 4 November 2020.

Dalam akun resmi Diskominfo Lampung, Direktur Legal dan Corporate Affairs PT Nestle Indonesia, Debora Tjandrakusuma, mengatakan produk – produk Nestle berusaha sebisa mungkin untuk menggunakan bahan baku dalam negeri, karena Nestle selalu berusaha menjadi salah satu bagian dalam pembangunan perekonomian Indonesia.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Negeri RI, Syailendra, menyampaikan bahwa ekspor merupakan upaya meningkatkan perekonomian dan memotivasi serta mendukung pelaku usaha dalam rangka pemulihan nasional dalam masa pandemi covid.

“Sesuai arahan Presiden, pemulihan ekonomi nasional merupakan prioritas utama pemerintah. Kementerian Perdagangan berkomitmen dan akan terus meningkatkan ekspor nasional di masa pandemi,”ujar Syailendra.

Kementerian Perdagangan akan terus mendorong seluruh pelaku usaha untuk mengekspor dan bersaing dalam pasar global.

Di sela acara, PT Nestle juga memberikan penghargaan kepada petani kopi teladan dalam rangka 10 tahun berjalannya program Nescafe Plan. Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh  Gubernur Arinal Djunaidi

Arinal Djunaidi dalam sambutannya menyampaikan, bahwa komoditi kopi memberikan kontribusi dalam meningkatkan devisa.

Diharapkan masa yang akan datang, kopi Lampung dapat meningkatkan kualitas lebih tinggi lagi, karena kopi Lampung merupakan salah satu kopi terbaik di Indonesia.

“Kopi Lampung merupakan warisan budaya dan nusantara, kita perlu menjaga eksistensinya dan berusaha agar kedepan kualitasnya tetap terjaga, “himbau Arinal.

Gubernur Arinal menegaskan bahwa pemerintah Provinsi Lampung siap membantu secara maksimal untuk meningkatkan kualitas kopi Lampung.

Di akhir sambutannya, Gubernur berharap agar pembinaan terhadap para petani kopi terus berjalan, serta meningkatkan sinergi dengan para petani untuk meningkatkan kesejahtraan.

Presiden Joko Widodo yang turut hadir secara virtual ini mengatakan, bahwa peningkatan angka ekspor adalah salah satu kunci untuk memperbaiki ekonomi nasional.

Hal ini bertujuan untuk menghasilkan devisa dan mengurangi devisit anggaran.
“Kita tidak boleh cepat puas, masih banyak potensi pasar ekspor yang luas dan banyak yang belum terlaksana.
Satu persatu yang menghambat ekspor kita cari solusinya, perlu dilakukan percepatan negosiasi yang potensial menjadi pasar baru dari produk kita,”ungkap Presiden.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelepasan ekspor nasional secara simbolis ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden Joko Widodo.

(Muzanni)

Hot News