Headline : Sidikalang di Goyang, Lintas Brastagi Longsor, Medan Terendam

Banjir di Sunggal DS
Dok: Delinewstv.com

DELINEWSTV | Sumut – Intensitas hujan yang melanda Medan dan sekitarnya berdampak merendam beberapa titik-titik di Kota Medan dan di Deli Serdang, Jum’at (4/12/2020), akibat meluapnya air beberapa titik sungai.

Informasi dari grup Whatsapp, Debit air mencapai setinggi pinggang orang dewasa bahkan hampir mencapai se dada orang dewasa.

Di Dusun I, Jalan Sei Mencirim Desa Paya Geli, Kecamatan Sunggal Deli Serdang yang dihuni lebih kurang 300 KK, debit air hampir mencapai setinggi dada orang dewasa.

Menurut beberapa warga setempat, debit air naik diperkirakan pada pukul 04:00 WIB subuh, Jum’at (4/12) akibat sungai belawan yang meluap.

Hingga berita ini diturunkan redaksi media ini belum berhasil menghimpun informasi korban jiwa.

Bajir di Kec.Medan Selayang

Terpisah, informasi terhimpun di Komplek Flamboyan Raya Medan Selayang, Sumatera Utara juga terjadi kenaikan debit air mencapai pinggang orang dewasa.

Belum diketahui korban jiwa. Menurut keterangan warga setempat, debit air telah berangsur turun.

Banjir di Kec.Medan Kota

Kenaikan debit air juga terjadi di sungai Deli yang merendam Kecamatan Medan Kota, tepatnya di Kelurahan Mesjid, hingga terdampak di beberapa titik Medan Polononia.

Sementara di Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara digoncang gempa tektonik kekuatan M 5,4, sekira pukul 02:48:40 WIB, Jum’at (4/12) menurut catatan BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG).

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo  M=5,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,10 LU dan 98,13 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 41 km arah Barat Daya Kab. Karo Sumatera Utara pada kedalaman 133 km.

Jenis dan Mekanisme Gempa bumi

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan  Naik dengan kombinasi geser  (Oblique-Thrust).

Dampak Gempabumi

Guncangan gempabumi ini dirasakan di Sidikalang dan Aceh Singkil III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ) . Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi Susulan

Hingga hari Jumat, 04 Desember 2020 pukul 03.25 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).
Kekuatan    : 5.4 SR
Tanggal     : 04-Dec-2020
Waktu Gempa : 02:48:40 WIB
Lintang     : 3.15 LU
Bujur       : 98.16 BT
Kedalaman   : 131 Km

Lokasi:
Northern Sumatra, Indonesia

Keterangan:
37 km BaratLaut KAB-KARO-SUMUT
48 km BaratLaut KAB-DAIRI-SUMUT
53 km Tenggara KUTACANE-ACEHTENGGARA
75 km BaratDaya MEDAN-SUMUT
1413 km BaratLaut JAKARTA-INDONESIA

Longsor lintas Medan – Berastagi

Terpisah,  informasi yang terhimpun, jalan lintas Medan – Berastagi sementara tidak bisa dilalui karena ada beberapa titik sepanjang jalan yang longsor.

(red)

Hot News